Oliversity

Dianxin, Cemilan Hong Kong dengan Nama Dimsum

Bentuknya unik, isiannya kenyal, aromanya mantap. Disajikan di wadah yang terbuat dari anyaman bambu, dicocol dengan saus pedas asam. Hmm, siapa yang tidak bisa menebak jika makanan ini populer dengan nama dimsum.

Namun, banyak sekali yang menyebut cemilan asal Hong Kong ini dengan nama dimsum. Dalam bahasa kanton, menu kelas cafe ini disebut dengan dianxin (点心) yang berarti makanan kecil alias cemilan. Dilihat dari karakter han yang dipakai di China daratan, karakter dian (点) berarti jam atau merujuk waktu. Sedangkan karakter xin (心)merujuk pada hati. Jadi, dianxin adalah makanan hati.

What?

Makna sebenarnya dari kata dianxin ini menunjukkan kebiasaan dan makna yang dalam di kalangan orang Kanton. Bagi orang Kanton khususnya dan orang China secara umum, tradisi berkumpul dengan keluarga sangat penting. Dianxin atau yang dikenal di Indonesia dengan kata dimsum merupakan cemilan yang dinikmati saat anggota keluarga berkumpul untuk minum teh. Orang Kanton menyebut acara minum teh ini dengan nama yamcha atau ditulis dengan han sederhana dengan kata yincha (饮茶).

Yincha atau yamcha dilakukan pada waktu brunch (breakfast and lunch) atau pada pukul 10 pagi sampai 11 pagi. Dianxin ini disuguuhkan sebagai cemilan menemani minum teh di tengah keluarga Kanton yang umumnya ditemukan di Hong Kong.

Saat ini banyak varian rasa dianxin yang dapat ditemukan. Ada kepiting, udang, cumi, ikan, daging, atau isian berupa kacang. Jika kebetulan berada di Hong Kong atau China, sangat direkomendasikan untuk menikmati dianxin di negeri ini. Rasanya berbeda sekali dengan yang dijual di cafe-cafe sini.

Mana yang lebih enak?

Secara pribadi, yang dijual di Indonesia jauh lebih cocok dengan lidah saya. Ya, karena memang disesuaikan dengan lidah saya sebagai orang Indonesia. Terutama soal komposisi rasa. Berbeda dengan yang dijual di negara asalnya, agak hambar dan cenderung tidak memiliki rasa. Tentu saja, dianxin dinikmati dengan teh untuk menyeimbangkan semua unsur jahat yang masuk ke dalam tubuh. Tidak heran, kan, kenapa orang China langsing-langsing?

Lantas, dari mana kata dimsum berasal? Tidak mungkin muncul dengan sendirinya, kan? Memang. Dimsum sendiri juga berasal dari bahasa Kanton.

Dimsum sebutan beberapa jenis makanan kecil yang disajikan saat yamcha atau minum teh. Bukan hanya satu jenis saja disebut dimsum. Jika di Indonesia kita populer dengan sebutan dimsum untuk dianxin, maka di negara asalnya semua jenis makanan untuk yang dihidang untuk menemani minum teh adalah dimsum.

Hidangan kecil yang termasuk dalam dimsum adalah bakpao, fung zao, siomai, dumpling, hakau, gyoza, dan xiaolongbao. Untuk jenis dimsum ini akan dibahas pada artikel selanjutnya, ya.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *