Bibliolive

Merry Riana; Sekali Lagi Bersama Langkah Sejuta Suluh

“Arahkanlah pandanganmu kepada Tuhan, dan dia akan memberimu jalan. Tidak semuanya sekaligus, tetapi selangkah demi selangkah. Dan setiap langkah adalah mukjizat.”

Formula sukses Merry Riana adalah: vision-action-passion. Berbeda dengan buku pertama Mimpi Sejuta Dolar yang mengisahkan tentang vision (mimpi), buku sekuel Langkah Sejuta Suluh ini berfokus pada Action (langkah).

Bertujuan membayar utang-utangnya dan mencapai mimpinya untuk meraih kebebasan finansial, setelah lulus Merry mengambil sebuah keputusan ekstrem untuk menjadi seorang entrepeneur.

Merry memimpin sekelompok muda mudi yang mulanya bukan siapa-siapa, yang berangkat dari nol, dan yang mengalami kejatuhan berulang-ulang, sebelum kemudian menjadi tim tangguh yang memecahkan rekor industri.

Buku ini membeberkan kisah yang seru dan mendebarkan; penuh ketegangan dan tikungan-tikungan terjal. Tentang anak muda yang mulanya disepelekan, namun selalu bertekad tidak mau kalah, sampai akhirnya berhasil membuktikan bahwa mereka layak menjadi juara.

Ikuti perjalanan Merry selangkah demi selangkah, dari sejak lulus kuliah tanpa modal, koneksi, dan keahlian; sampai bagaimana dia menyatukan timnya untuk berjuang bersama demi satu tujuan; mengukir sejarah.

Judul Buku: Merry Riana; Langkah Sejuta Suluh • Penulis: Clara Ng • Penerbit: Gramedia (Jakarta: 2014) • Tebal: 449 halaman • ISBN: 978-602-03-0198-3

[*]

“Laporan keuangan tidak pernah berbohong. Ada masa-masa lesu. Ada masa-masa tak menghasilkan. Tapi itu tidak akan menyeret seorang businessman yang tekun dan gigih untuk menghancurkan perusahaannya sendiri.” (Hal. 57).

Sebagai penulis novel kawakan, @clara_ng tahu benar caranya menyeret biografi dengan manis. Kisah jatuh bangun @merryriana dalam membangun perusahaannya sendiri diceritakan dengan alur maju yang cantik. Sehingga tidak mudah membuat pembaca bosan.

Di sini ia bercerita bagaimana @merryrianabertemu dengan anggota timnya. Penolakan yang ia dapat. Kemenangan dan kegagalan. Konflik yang dia hadapi dengan diri sendiri dan orang lain. Juga dengan rival yang kebanyakan bahkan hampir seluruhnya orang Singapura yang mampu berbahasa mandarin cukup baik.

Penyelesaiannya pun terkadang tidak terduga. Penuh kejutan dan mukjizat. Hanya orang yang percaya akan kebesaran Tuhan yang percaya jika tidak ada yang tidak mungkin jika tidak ada campur tangan Tuhan.

Inti dari buku ini tentang perjuangan meraih mimpi. Bagi yang sedang membangun bisnis, buku ini boleh lah dibaca untuk memunculkan motivasi diri.

Sebagai pembaca, saya bisa merasakan semangat para tokoh yang disebutkan oleh dalam buku. Termasuk aura kebencian rival @merryriana yang muncul hampir di tiap langkah suksesnya.

Adakah di antara kalian yang menyukai @merryriana dan #motivationquotes yang selama ini beredar, Olivers?

Jika ada, apa #quotefavorit kamu?

Kalau saya suka sekali dengan kutipan ini, “Be proud of Indonesia and make Indonesia proud of you.”

Menurut pengamatan saya, #langkahsejutasuluh ditulis pada saat yang tepat. Dimana lapangan kerja di Indonesia semakin minim dan semangat anak muda untuk berpangku tangan semakin meninggi. Saat-saat seperti inilah para anak muda Indonesia butuh sesuatu yang menohok untuk mendobrak semangatnya.

Kisah yang dituangkan oleh @clara_ngdalam kisah nyata @merryriana ini memang cocok memompa semangat kawula muda untuk terus berjuang untuk mencapai mimpinya.

Ada beberapa poin mengapa anak muda Indonesia harus baca buku ini.

? Buku motivasi dan inspiratif yang bisa mencambuk anak muda Indonesia agar tidak berpangku tangan. Kita sudah saatnya bangkit dan berjuang. Bukan lagi menunggu subsidi yang dijanjikan kala kampanye.

? Tidak ada kesuksesan yang diraih hanya dengan berpangku tangan. Setiap kesuksesan diraih dengan segala kepahitan.

? Memulai. Inilah kata kunci yang harus ditanamkan pada setiap orang untuk maju. Bukan duduk diam saja sambil membuat rencana. Tapi tanpa aksi.

? Banyak kutipan yang menarik dan memicu semangat untuk maju di buku ini.

? Meskipun berbeda kepercayaan, tapi pesan religius yang disampaikan universal.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *