Bibliolive

Our Tagled Vow; Ikatan Dari Masa Lalu Untuk Masa Depan

Siapa yang tidak kenal dengan Honey Dee? Ya, penulis produktif ini melahirkan banyak karya yang oke-oke dan penuh hikmah untuk pembaca remaja sampai semua umur. Beberapa novel Honey Dee yang saya review selalu menyisakan kenangan tersendiri bagi saya.

Kali ini berkisah tentang Rusty dan Vey, sahabat masa kecil yang bertemu kembali di masa remaja mereka. Mereka dipertemukan tanpa sengaja di sebuah sekolah anak-anak orang kaya tapi manajemennya super kacau. Rusty yang dia temui bukanlah sosok yang imut dan menggemaskan seperti masa kecil mereka. Ya, masa dimana mereka masih berteman dengan baik. Sampai akhirnya di sebuah kecelakaan saat bermain, sahabat mereka yang lain meninggal dunia. Dilla namanya.

Bagian ini adalah bagian pembuka yang langsung membuat pembaca menegang karena deskripsi ceritanya benar-benar dibuat hidup. Persis seperti kita berada di lokasi tiga sahabat ini bermain dan melihat Dilla meregang napas terakhir.

Kisah selanjutnya berlanjut beberapa tahun kemudian, ketika Vey kembali ke Balik Papan karena bundanya akan menikah denga Amir Khan. Lelaki India yang tidak mau menerima Vey menjadi bagian dari kebahagiaannya. Vey kembali ke rumah ayahnya dan kakak perempuannya, Iva. Dipenerbangan dia bertemu dengan Maina, perempuan satu anak penuh drama.

Lika liku kehidupan diterima oleh Vey di sekolah, di rumah, bahkan ketika berhadapan dengan hidup Maina. Bebagai masalah juga dihadapi oleh Vey ketika berhadapan dengan perasaannya dengan Harris dan Rusty, juga si kecil bijak bernama Shane.

Cerita ini menggunakan sudut pandang orang pertama dari penceritaan Vey. Semua hal yang dirasakan Vey dengan mudah menyatu dengan emosi pembaca karena penulis juga melibatkan emosi dalam mengisahkan setiap tokohnya.

Satu hal yang mungkin sedikit berat bagi sebagian pembaca adalah ketika berhadapan dengan nama-nama tokoh pendukung yang jumlahnya tidak sedikit. Selain Vey, Rusty, Maina, Ayah, dan Kak Iva, banyak lagi tokoh-tokoh kecil yang hilang dan muncul di tiap bab.

Meskipun begitu, jumlah tokoh bejibun dan ceritanya ada di bagian novel yang lain tidak mengurangi nikmatnya aliran kata yang dijalin oleh Honey Dee. Tidak heran jika rating untuk teen romance ini mencapai angka 4,8 di Cabaca.

Selama novel ini tayang on going di Cabaca, novel ini juga menduduki peringkat trending setiap hari mengalahkan puluhan novel on going lainnya. Tentu saja, ini menjadi salah satu indikator tentang populernya novel remaja yang ditulis oleh Honey Dee di antara minat baca pembaca yang lebih cenderung pada novel dewasa belakangan ini.

Selain kisahnya yang menarik tentang menthal health, kehidupan remaja, dan keluarga. Novel ini dilengkapi dengan catatan penulis yang sangat informatif. Ada berbagai nilai amanat berupa penjelasan istilah, kehidupan, dan uraian psikologi populer yang bisa dinikmati dengan cara penulisan naratif. Ringan, tapi mengena. Beberapa masalah yang dihadapi oleh tokoh atau kerumitan cerita berhasil dipecahkan oleh catatan penulis setiap bab berakhir.

Nilai moral yang didapat juga sangat mengena. Jangan menduga masa depan, karena sesungguhnya perubahan setiap orang akan terjadi jika seseorang itu mengubah nasibnya sendiri. Seperti Rusty yang akan mengubah dirinya sendiri setelah bertemu Vey dan berjanji akan menikahinya. Maina yang lebih menerima kondisinya untuk tidak mengejar-ngejar Heath dan berubah menjadi wanita yang lebih baik. Begitu pun dengan Iva yang meninggal karena aborsi karena dia tidak ingin mengubah dirinya lebih baik.

Our Tagled Vow bukan saja direkomendasikan sebagai bacaan remaja. Novel ini juga direkomendasikan untuk bacaan kalangan dewasa agar lebih memahami dunia remaja dan berbagai masalah yang mereka hadapi.

Data Buku

Judul Buku: Our Tagled Vow | Penulis: Honey Dee | Jumlah Bab: 36 Bab | Penerbit: Cabaca (2020) | Rating: 4.8

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *