Bibliolive

Second Chance; Karena Ketulusan Cinta Selalu Memberi Kesempatan

Ini buku lama yang saya temukan lagi di tumpukan koleksi. Belum semapt saya baca. Maklumlah, sebagai seorang penimbun buku saya punya kebiasaan yang sama dengan para penimbun lainnya. Beli dulu selagi ada uang, bacanya ntar aja.

Nah, ini novel Young Adult yang akan habis dibaca sekali duduk. Temanya juga menarik. Penasaran?

Bagaimana jika erwe (makanan khas Manado yang terbuat dari daging anjing) mempertemukan dengan seseorang? Rasanya antara konyol dan menarik bukan?! Konyol karena tidak terbiasa makan menu aneh itu. Menarik karena bahan obrolan jadi terasa lebih banyak.

Begitulah pertemuan Yohana dan Robert. Gadis yang berasal dari Pontianak dan kuliah di Jakarta ini bertemu dengan Robert di Jakarta dalam sebuah event. Pertemuan selanjutnya juga di sebuah event yang diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton Jakarta. Mereka mulai berkomunikasi layaknya teman dekat menuju pacaran.

Ketika rasa cinta mulai tumbuh, KKN menerbangkan Yohana ke Manado dan bertemu kembali dengan Robert. Berbagai hal dialami oleh Yohana selama di Manado, termasuk bertemu Anita dan menjadi musuh publik di tempat KKN. Jelas! Karena ternyata Robert adalah seorang public figure.

Salah satu testimoni yang diberikan oleh penulis lain di buku ini bisa menjadi rujukan untuk membaca. Kalimat di sampul belakang buku ini misalnya: “Dikemas dengan manis, Glenn Alexei mampu menghadirkan kisah cinta yang romantis dengan bahasa yang sederhana dan indah juga travelling setting yang memukau.” -(Teresa Bertha, penulis Keegan’s Love Pendant).

Komentar Teresa Bertha di atas cukup mewakili betapa manisnya kisah cinta Robert dan Yohana. Sama seperti kebanyakan novel romance lainnya, Second Chance juga bercerita tentang kisah cinta sepasang remaja dengan intrik orang ketiga. Anita, anak seorang sekolahan yang merupakan putri dari pejabat di Manado. Dia suka bertindak semaunya. Apalagi dia merasa berkontribusi atas kemenangan kontes nyanyi yang diikuti oleh Robert.

Karakter Anita justru menjadi kekurangan dari novel ini. Sebagai anak SMU dia terlalu berani bertindak dan bersikap. Harusnya tindakan seperti ini untuk karakter sebaya Yohana atau Yenny.

Saya tidak menganggap novel ini sebagai genre YA biasa. Saya melihat ada sisi lain lebih menarik dari Second Chance, yaitu penyisipan pariwisata Thailand dan Manado di dalamnya. Bisa dikatakan, Second Chance tidak melulu bercerita kisah cinta dua manusia berbeda jenis kelamin. Second Chance juga bercerita tentang pariwisata dan nilai-nilai lokal yang menjadi pembeda dari genre sejenis.

Di novel ini, keindahan Thailand disajikan dengan apik. Membuat siapa saja yang belum ke Thailand terpikir untuk berkunjung. Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Thailand ingin kembali ke negeri gajah putih itu.

Di sisi lain, selama membaca buku ini saya seperti membaca kisah seorang travel blogger yang bertemu kembali dengan belahan hatinya di Bangkok. Nah, inilah kelebihan lain dari novel ini. Ibarat makanan, nama dan kemasan sama tapi rasanya berbeda.

Secara umum, bahasa yang digunakan oleh Glenn Alexei untuk mengeksekusi tema ini cocok untuk segala usia. Terutama untuk remaja. Bahasanya ringan mengalir. Tema sederhana dan manis.

Meskipun agak mainstream karena berkaitan tentang hubungan dua orang yang berbeda jenis dan banyak diangkat oleh penulis lain. Tema gadis biasa dengan cowok yang punya kelebihan ini dan itu memang filmable untuk saat ini.

Yach, berharap semoga salah satu rumah produksi film di Indonesia melirik novel ini untuk diangkat ke layar lebar, ya.

Sebagaimana kebanyakan novel romance yang kebanyakan manis dan bercerita tentang cinta. Tetap saja unsur intristik sebuah novel itu adalah tendens (amanat). Tentu saja ada nilai moral yang terkandung di dalamnya. Para pembaca bisa mengambil hikmah dari cerita ini.

💜 Cinta tidak akan lari, kalau jodoh ia pasti akan kembali.

💜 Cinta tidak memandang status sosial, meskipun para penganut cinta membentang jurang status sosial. Cinta yang tulus akan membuat jembatan untuk mempersatukan para hati yang terkait.

💜 Hal-hal sederhana dalam hidup bisa menjadi awal bersatunya dua hati.

💜 Kalau takdir cinta sudah mempersatukan, kabur ke belahan bumi manapun pasti akan bertemu lagi.

Nah, novel ini recommended banget buat yang hobi baca sebagai pengisi waktu luang. Selesai sekali duduk. Pun konfliknya tidak berat. Tertarik membacanya?

Data Buku

Judul buku: Second Chance • Penulis: Glenn Alexei • Penerbit: Media Pressindo (Yogyakarta: 2012) • Tebal: 170 halaman • ISBN: 978-979-911-159-3


Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *