BP Network,  Traveliner

5 Kanal Traveling Favorit di Pertengahan Tahun 2020

Selain suka menonton kanal booktuber, saya juga suka menonton travelogue yang belakangan kualitasnya makin aduhai. Bahkan sebagian besar dari mereka saya kenal dari buku-buku yang saya baca. Ada 5 (lima) kanal yang recommended dan bisa Anda klik linknya untuk mendapatkan koleksi vlog yang menarik.

[1] Lost LeBlanc

Jujur, saya mengenal Christian Le Blanc melalui buku Quit yang sempat saya revies beberapa waktu lalu. Sejak itu saya penasaran dan mulai menonton setiap video di kanal ini. Hal yang menarik dari Lost LeBlanc adalah tempat yang dia jelajagi dan reportasenya di depan kamera; profesional dan informatif. Sebagai penonton yang budiman, saya tidak merasa sedang menonton vlog seperti kebanyakan. Justru saya merasa seperti sedang menonton program acara traveling di TV. Asyiknya lagi, pemilik kanal ini memiliki villa di Indonesia, jadi dia menjelajahi Indonesia semudah dia keluar rumah dan membeli pisang goreng di ujung gang.

Video terakhir LostLeblanc yang saya tonton tentang Raja Ampat. Saya yang tidak begitu minat dengan tempat wisata mainstream dan touristy jadi berpikir untuk menuliskan Raja Ampat sebagai salah satu traveling wishlist.

[2] Backpacker Tampan

Saya mengenal kanal ini melalui buku yang pernah saya ulas terbitan Gagas Media berjudul Quit. Dari buku ini pula saya penasaran dengan Backpacker Tampan. Memang tidak bisa diragukan jika penulis yang sudah melahirkan dua buku ini bukan saja enak dibaca semua petualangannya. Videonya juga menarik untuk ditonton.

Memang tidak diragukan lagi jika Backpacker Tampan memang memiliki kemampuan video editing yang level dewa. Lihat saja setiap videonya, luar biasa mengagumkan.

[3] Syifa Adriana

Bisa dikatakan saya kesasar di kanal ini. Kemudian saya mencoba menjelajahi beberapa video yang dikemas dengan tema tertentu seperti Indonesia, China, Nepal, India, Iran, dan lain-lain. Kanal ini menarik bagi saya, selain Syifa seorang woman traveler, dia juga berbicara dalam bahasa Inggris yang sangat fluently. Dalam episode ketika melakukan perjalanan ke China, Syifa juga menunjukkan kemampuannya berbahasa mandarin.

Sebagai orang yang pernah hidup di China untuk study and travel, sedikit banyaknya saya memahami kehidupan di sana. Memang tidak aneh untuk perempuan melakukan perjalanan sendiri kemana-mana, tapi tetap saja bagi seorang perempuan melakukan traveling sendirian masih dianggap berbahaya. Syifa mengajarkan satu hal kepada semua perempuan yang bermimpi menjelajah dunia. Bunuh rasa takut dengan memulai semua yang ingin dilakukan. Caranya, lakukan!

[4] Indonesia.Travel

Dari namanya saja sudah tahu, kan, jika ini adalah kanal resmi Kementerian Parisiwata dan Budaya Republik Indonesia? Ya, bukan rahasia lagi jika video yang diunggah di kanal resmi kementerian ini memang luar biasa dan dikerjakan oleh orang tidak biasa, termasuk Backpacker Tampan.

Saya menemukan kanal ini ketika menyelesaikan tesis dengan topik pariwisata Indonesia di kanal YouTube. Video yang diunggah di sini memang terasa sebagai promosi wisata, berbeda dengan vlog yang kebanyakan kita tonton di kanal lain. Namun kanal ini sangat recommended untuk mendapatkan referensi kemana harus traveling di dalam negeri.

[5] Hey! Nadine

Sama menemukan kanal ini juga melalui pencarian google. Saat itu saya sedang ingin menonton vlog tentang traveling. Selain untuk menyelesaikan tugas kuliah ketika masih menjadi mahasiswa magister, saya juga menemukan sesuatu di vlogger asal Kanada ini. Selain pengambilan gambar yang sederhana bahkan cenderung amatir, Nadine mempengaruhi kepercayaan diri saya untuk berbicara di depan kamera. Yach, karena saat itu saya harus menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan New Media.

Nadine menyampaikan hal sederhana menjadi luar biasa. Khususnya tentang sudut pandang ketika berada di negara lain. Negara dimana kita tidak mengenal siapa-siapa. Dalam videonya, Nadine juga membagikan tips untuk setiap perjalanan. Baik soal packing atau ketika berada di daerah tersebut.

Anyway, masih banyak kanal traveling yang ingin saya bagi di halaman ini. Mungkin nanti saya akan menulis lebih banyak setelah benar-benar menonton YouTuber lain dalam berbagi pengalaman perjalanannya. So, di antara kelima kanal tersebut, mana yang sudah kamu nonton atau menjadi favoritmu?

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *