BP Network,  Traveliner

Tempat yang Akan Dikunjungi Setelah Bisa Keluar Rumah Dengan Bebas

Corona berlalu secepatnya.

Itulah yang diharapkan semua orang saat ini. Semua berharap Corona berlalu dan mereka kembali bebas menggapai mimpi. Beberapa yang lalu, saya membuat pertanyaan di Instagram.

Apa yang akan kamu lakukan jika Covid-19 berlalu?

Jawabannya beragam. Ada yang ingin pulang kampung karena saat ini berada ribuan kilometer dari kampung halaman. Ada yang ingin jalan-jalan ke luar negeri. Tidak sedikit yang ingin melanjutkan mimpi untuk kuliah di luar negeri. Corona menghentikan mimpi setiap orang, meskipun di balik ujian ini juga meninggalkan hikmah yang luar biasa.

Lantas, apa yang ingin saya lakukan ketika kita sudah bebas keluar rumah?

Mengunjungi Pustaka Daerah

Sebelum Corona menghalangi langkah keluar rumah, saya pernah aktif di media internal Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Saya memegang rubrik feature. Perpustakaan lama juga sudah dibongkar dan dalam proses renovasi. Jika melihat maketnya, pustaka yang sedang dibangun ini luar biasa bagusnya. Tentu saja saya ingin menjadi bagian dari anggota perpustakaan daerah kembali seperti sebelum dirumahkan. Saya ingin bebas membaca buku seperti dulu lagi. Duduk di perpustakaan seharian sambil membaca atau menyelesaikan penelitian.

Sawah di Kampung

Percaya tidak percaya, mengunjungi sawah saat hijaunya adalah terapi yang paling ampuh untuk segala penyakit yang ada di dalam kepala. Mulai dari masalah penglihatan sampai migren. Hal yang ingin saya lakukan di sawah adalah hunting foto. Baik itu foto model atau makhluk kecil-kecil yang bisa diabadikan dengan kamera DSLR sederhana saya. Rasanya berada di sawah dengan kamera saya sangat menyenangkan.

Danau Laut Tawar

Sudah tahu, dong, kalau saya tinggal di Aceh bagian tengah yang menyimpan keindahan pariwisata luar biasa. Yup, Danau Laut Tawar. Selama ini saya sering ke danau tersebut, namun tidak begitu menikmati danau tersebut. Kali ini saya ingin mengelilingi danau tersebut dan merekam momen di danau dengan sepenuh hati.

Ziarah Ke Makam Ayah

Sudah setahunan saya tidak ziarah ke makam ayah. Terakhir ziarah saat lebaran tahun 2019, itu juga karena momennya pas. Saat lebaran. Setelah itu saya tidak pernah lagi berziarah ke makam ayah karena jaraknya memang lumayan jauh. Di hari kerja, saya menghabiskan waktu di luar kota yang mengharuskan saya bersabar sampai lebaran berikutnya.

Rumah Teman

Selama ini saya sadar kerap menolak undangan untuk berkunjung ke rumah teman. Saya tidak bertemu teman-teman dengan intens. Jadi, ketika sudah bebas ke luar rumah saya akan mengunjungi teman di rumahnya. Sepertinya menyenangkan sekali jika bisa chit chat tanpa takut terpapar atau saling curiga karena virus.

Apakah kalian juga memiliki hal yang ingin dilakukan ketika bebas keluar rumah seperti dulu? Jika iya, ayo bagi apa yang ingin kamu lakukan di kolom komentar, ya. Siapa tahu kita samaan.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *