Bookish,  BP Network

Booktuber Inspiratif Temani #dirumahaja, Nomor 5 Kok Nggak Nyambung?!

Siapa yang #dirumahaja menghabiskan kuota untuk nonton YouTube dan mulai berlangganan kanal tertentu? Yey! Jika kamu termasuk tim ini, saya juga. Dulu saya menghabiskan kuota sebulan sebanyak 10-15 GB dari Telkomsel. Sejak #dirumahaja, peningkatan penggunaan kuota meningkat drastis.

Saya nonton YouTube, dong. Bahkan beberapa kanal sudah masuk dalam daftar langganan, di antaranya kanal para booktuber Indonesia yang selama ini cukup recommended untuk menemani waktu luang. Berikut ini 4 (empat) kanal favorit yang kerap saya ikuti bahasannya. Kok 4 (empat) bukan 5 (lima)? Iya, karena nomor 5 (lima) nggak termasuk booktuber.

[1] Sophia Mega

Si pecinta kopi dan buku ini kerap mencuri waktu saya untuk sekedar membaca reviewnya. Sophia Mega tidak hanya membahas buku baru. Dia juga memabahas buku yang lama. Bukan hanya novel, termasuk non fiksi. Menurut pengamatan saya, genre favoritnya adalah feminisme. Saat artikel ini tayang, Sophie Mega memiliki 7.05K pelanggan kanal YouTube. Whoah!! Penasaran? Silakan klik di sini untuk masuk ke kanal Sophia Mega.

[2] Kanaya Sophia

Saya mengenal Kanaya Sophia karena tersesat di kanal ini. Banyak hal yang dibahas oleh pemilik kanal ini. Bukan saja soal buku, dia juga mengulas film yang diadaptasi dari buku. Belakangan, videonya juga semakin enak ditonton. Penasaran? Yuk nonton di sini.

[3] Dazzling Books

Kalau menurut saya, nonton ulasan buku melulu bikin bosan. Bagaimana denganmu? Jika kamu juga mengaku hal yang sama, sepertinya sudah saatnya kamu cari kanal dengan konten berbeda. Saya merekomendasikan Dazzling Books untuk dimasukkan dalam daftar langganan. Kanal dengan jumlah pelanggan 1.3K ini nggak cuma membahas soal ulasan buku. Dia juga membahas pembahasan lain.

[4] Dhyn Hanarun

Sama dengan Kanaya Sophia, saya juga tersesat di kanal ini. Ternyata saya menikmati kanal yang satu ini. Konten Dhyn Hanarun tidak melulu soal ngulas buku. Uniknya, dia mengajak para pecinta buku bertualang ke tempat-tempat unik seperti toko buku. Dhyn Hanarun ini memang berbeda dengan yang lainnya. Recommended, deh!

[5] Deddy Corbuzier

Nah, kenapa yang kelima ini agak-agak aneh? Kan Deddy Corbuzier bukan booktuber?! Iya, dia bukan booktuber. Belakangan saya suka mendengar podcast di kanal ini. Bahasannya mulai dari yang ringan sampai yang berat. Cara pembasannya yang menarik, ini alasan saya memasukkan Deddy Corbuzier sebagai salah satu kanal favorit yang saya pilih selama berada #dirumahaja.

Selain kelima kanal di atas, ada banyak kanal favorit yang dapat kita temukan di pencarian google atau YouTube. Kelima kanal di atas adalah favorit saya. Oh, ya jika kalian ingin mencari kanal booktuber favorit lainnya, kak Sintia Astarina juga punya rekomendasi, lho. Dulunya saya mengenal istilah booktuber juga dari halaman web kakak bookish ini.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *