Bookish

Ini 3 Kegiatan Seru Bareng Keluarga Selama di Rumah Aja!

Pandemi belum berakhir, tidak tahu juga kapan pandemi berakhir. Ada beberapa pakar yang memprediksikan agar berakhir pada Agustus karena Juli adalah puncaknya pandemi. Namun, melihat perkembangan positif tidak seimbang dengan tingkat kesembuhan, tampaknya kegiatan di rumah saja akan bertambah lama.

Membosankan? Sudah pasti, tapi ada kok kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga selama di rumah saja untuk mengusir bosan. Kegiatan ini juga dijamin akan mempererat hubungan antar anggota keluarga yang dulunya selalu sibuk.

Masak Bareng

Siapa yang memasak selama ini? Ibu, sudah pasti. Siapa lagi? Aktivitas mempersiapkan menu harian biasanya memang dilakukan oleh satu orang. Sehingga tidak jarang dalam keluarga yang anggotanya ramai, hanya ada satu dua orang saja yang ahli di dapur. Sementara yang lain menjadi tim penggembira di meja makan.

Selama di rumah saja, tidak ada salahnya mempelajari keahlian baru atau mencoba resep baru. Lebih asyik jika dilakukan dengan keluarga dengan berbagi tugas. Kegiatan bisa dibagi rata agar adil dan kekompakan terus terjaga. Sesuatu yang dilakukan bersama, kebahagiaannya akan dinikmati bersama juga, kan?

Bersih-Bersih

Selama di rumah saja mungkin kita akan lebih senang melewati hari dengan rebahan. Sepertinya aktivitas rebahan yang memicu timbunan lemak lebih asyik dilakukan dengan aktivitas lain. Apalagi berurusan dengan si Corona yang memang tidak suka tempat bersih. Cara ampuh untuk melindungi diri dan keluarga dengan cara rajin bersih-bersih.

Kegiatan bersih-bersih juga bisa dilakukan sebagai pengganti olahraga, lho. Bersih-bersih bisa menjadi olahraga lokal yang paling menyenangkan. Apalagi menjelang lebaran, kan?!

Wish From Heart (Ibadah)

Beribadah bersama salah satu momen yang paling sakral yang bisa dilakukan oleh anggota keluarga selama berada di rumah saja. Terutama bagi keluarga muslim, momen bulan suci Ramadan adalah momen paling baik untuk beribadah bersama. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk beribadah seperti tadarus bersama, sholat tarawih berjamaah di rumah, mempersiapkan menu berbuka bersama, berbuka puasa bersama, dan lain-lain.

Tentu saja dengan tidak berhenti berharap dan berdoa di dalam hati agar pandemi segera berlalu dari muka bumi. Sekaligus juga, kita dijauhkan dari semua hal buruk.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *