BP Network

Preventif Masa Pandemi, Ini yang Bisa Dilakukan!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), preventif adalah suatu tindakan yang bersifat mencegah (supaya jangan terjadi apa-apa). Aturan preventif biasanya dilakukan untuk hal-hal yang sifatnya berisiko.

Masa pandemi, tindakan preventif dari diri sendiri sangat diperlukan dan harus disiplin diterapkan. Tindakan yang dilakukan bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana seperti yang disarankan oleh World Health Organization (WHO) seperti berikut.

Mencuci Tangan Sesering Mungkin

Cuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun. Khususnya setelah meyentuh sesuatu, baik barang ataupun bersalaman. Ikuti cara mencuci tangan yang benar selama 20 detik untuk melumpuhkan bakteri dan virus.

Etika Bersin dan Batuk

Ketika seseorang bersin atau batuk, tentu sudah ada etikanya masing-masing. Jangan batuk atau bersin di dekat orang lain. Pakailah masker ketika batuk atau bersin untuk melindungi diri dan orang lain.

Jangan Menyentuh Mata, Hidung, dan Mulut

Kita tidak tahu apa yang kita sentuh aman atau tidak. Ukuran virus sangat kecil dan tidak terlihat. Virus bisa saja berdiam di benda yang kita sentuh. Corona virus menyerang pernapasan. Jadi, menyentuh hidung dan mulut akan mempermudah virus masuk. Menyentuh mata juga akan mengganggu dan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pakailah Masker

Untuk memakai masker tidak harus sakit. Melindungi diri sendiri jauh lebih baik daripada terpapar hal-hal yang tidak diinginkan. Mulailah dari diri sendiri untuk melindungi orang lain.

Di Rumah Saja

Berada di rumah saja untuk saat ini jauh lebih baik daripada harus berkeliaran di luar. Banyak hal yang bisa dicegah dari tindakan di rumah saja. Di rumah saja bisa memutuskan mata rantai virus. Apalagi jika dalam keadaan tidak sehat. Di rumah saja akan membantu sesama untuk tetap sehat.

Hubungi Dokter Jika Mengalami Keluhan

Jika merasa ada yang tidak beres dengan gejala tubuh seperti demam, pilek, dan batuk, segeralah menghubungi dokter terdekat. Dokter akan memberikan obat yang mungkin standar. Namun akan membantu untuk percagahan hal-hal yang tidak diinginkan.

Ikuti Protokol Faskes Setempat

Ikuti semua protokol kesehatan dari fasilitas kesehatan setempat. Jangan bandel, ini bukan perkara Anda sendiri. Ini juga perkara yang erat kaitannya dengan lingkungan dan keluarga Anda.

Dari tindakan preventif di atas, adakah yang menurutmu sulit diterapkan?

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *