Oliversity

5 Cara Cepat Belajar Untuk Tes CPNS

Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan impian kebanyakan orang. Tidak semua memang. Namun bisa dipastikan banyak sekali di Indonesia yang memimpikan memakai seragam kementerian atau instansi tertentu dengan gengsi yang terbilang nggak kaleng-kaleng. Sebagian orang yang tidak ingin menjadi ASN yang lebih akrab disebut dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga memiliki alasan tersendiri. Terutama jika masih mengingat cara zaman old yang memang tidak elegan untuk menjadi ASN.

Akhir-akhir ini, menjadi ASN sudah melewati tahap yang tidak main-main lagi. Tidak ada istilah sistem warisan, mandi kucing, atau cara-cara tidak elegan dalam memperjuangkan Nomor Induk Pegawai (NIP). Seleksi tes CPNS sudah lebih bersaing dengan diberlakukannya sistem Computer Assisted Test (CAT). Tentu saja, pemberlakuan sistem passing grade juga bukan hal yang mudah untuk dilewati.

Tentu saja untuk mencapai passing grade yang diinginkan itu tidak mudah. Banyak hal yang harus dilewati selain hanya angka. Untuk memperoleh angka yang sesuai dengan kelulusan, tekanan belajar untuk tes CPNS sudah menjadi konsekuensi hidup. Bahkan lolos passing grade saja tidak cukup. Ada lagi yang lebih penting, memperoleh angka tinggi dalam peringkat satu, dua, atau tiga untuk mempertahankan posisi di tahap Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Berdasarkan pengalaman saya dalam melewati tes CPNS tahun 2019, ada lima hal yang saya lakukan ketika belajar dan terbukti ampuh mendapatkan posisi aman hingga tahap SKB. Kelima cara tes CPNS tersebut adalah sebagai berikut.

[1] Gunakan Aplikasi Tes CAT CPNS

Memang tidak semua orang memilih menggunakan aplikasi dengan berbagai alasan. Salah satunya radiasi dari ponsel yang membuat mata tidak nyaman. Jika terus menerus dilakukan malah berdampak pada hari tes CPNS nantinya. Migren atau sakit mata luar biasa. Namun kelebihan lainnya tidak bisa dielak. Belajar melalui aplikasi berbasis praktek. Bagi yang baru pertama kali ikut tes CPNS berbasis CAT ini memiliki gambaran di sana. Penggunaan aplikasi juga menunjukkan benar dan salah selain skor akhir atau passing grade kelulusan. Jawaban benar dan salah akan diberi penjelasan mengapa jawaban tersebut yang terpilih.

[2] Simulasi Online atau Offline

Percaya atau tidak, belajar dengan mengikuti simulasi adalah salah satu cara terbaik untuk mengikuti tes CPNS ini. Simulasi menempatkan posisi kita sebagai orang yang belajar seperti saat sedang mengikuti tes CPNS. Kekurangannya, kebanyakan simulasi tidak menunjukkan kesalahan pengguna. Hanya jumlah skor. Kelebihannya, melatih kecepatan membaca soal dan membagi waktu saat tes CPNS berlangsung.

[3] Buku Kumpulan Soal

Sampai saat ini saya tidak tahu buku kumpulan soal mana yang bagus untuk dibaca atau dibaca. Bagi saya, semua buku sama saja. Baca buku apa saja, selama ada pembahasan dan contoh soal, lanjut saja. Tips yang bisa saya sarankan, pilihlah buku yang membahas detil bagian kunci jawaban. Jika ada yang membahas cara cepat, itu lebih baik lagi. Waktu untuk satu soal tidak sampai semenit, jadi tidak mungkin menghabiskan waktu untuk menghitung di Tes Intelijensi Umum (TIU) sementara masih ada puluhan soal lain menunggu di Tes Karakteristik Kepribadian (TKP).

[4] Jangan Menghapal

Menghapal bukanlah solusi yang tepat untuk tes CPNS. Meskipun beberapa orang pejuang NIP yang Anda kenal lulus dengan metode menghapal. Setiap tahun soal yang keluar berbeda. Lagipula, belum tentu juga pada hari H tes CPNS Anda masih mengingat hapalan tersebut. Melakukan tiga cara di atas lebih direkomendasikan daripada menghapal dari buku yang Anda baca. Melatih diri untuk tes CPNS akan menguatkan ingatan. Semua pokok bahasan akan terhapal dengan sendirinya.

[5] Ikut Bimbingan Belajar

Banyak di antara teman-teman saya yang lulus tes CPNS tahun 2019 mengikuti bimbingan belajar. Tentu saja cara ini harus merogoh kocek lebih dalam. Kelebihan bimbel cukup banyak. Di antaranya memberi motivasi antar sesama pejuang NIP untuk saling belajar. Tutor juga akan memberikan cara cepat dan trik rahasia melewati tes CPNS. Siapa tahu, setelah lulus dan mendapatkan NIP, Anda juga dipersiapkan sebagai tutor di bimbel tempat Anda ditempa dulu.

Kelima cara tersebut merupakan hasil observasi dan bincang-bincang teman ASN yang lulus dengan sistem tes CPNS sudah menggunakan CAT. Tentu saja, hal utama yang harus Anda lakukan selain lima cara tersebut adalah berdoa yang lebih utama. Jangan abaikan manajemen waktu, karena ini kunci utama untuk mencapai passing grade dan menaklukkan ratusan soal.

Selamat berjuang!

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *