Bibliolive

[Blog Tour] Guardianship; Malaikat Pelindung Perekat Persaudaraan

Guardianship merupakan buku Renita Nozaria yang bergenre fantasi dan dikemas dengan bahasa serta standar untuk remaja saat ini. Bisa dipastikan, bahasa yang disampaikan memang sesuai dengan perkembangan saat ini. Cerita tentang apakah Guardianship ini?

Berikut blurb untuk mempertimbangkan pilihan Anda membaca novel ini.

Judul Buku: Guardianship | Penulis: Renita Nozaria | Penerbit: Penerbit Bukune (Jakarta: 2019) | Tebal: vi+382 halaman | ISBN: 978-602-220-326-1

[*]

Bayangkan jika seseorang dari masa lalu tiba-tiba saja muncul di kamarmu. Aneh? Atau biasa saja? Lalu bagaimana jika orang itu mengaku bahwa ia sebenarnya telah meninggal? Hal ganjil inilah yang dialami Kisa Eden Philomena. Sosok Emir-menemui dengan alasan menunaikan tugas sebagai guardian angel bagi Eden.

Hari-hari Eden menjadi begitu ribet karena instruksi-instruksi Emir-yang katanya sih, untuk melindunginya- malah sering berujung kesialan. Seakan itu belum cukup, Eden masih harus rela hidupnya diacak-acak oleh kehadiran tiga cowok super aneh yang ternyata masih punya hubungan saudara; Setranala Dirgantara, Rasi Gemintang, dan Sabda Aksara.

Satu hal yang selalu Emir ingatkan ke Eden, seolah dampak semua ini dari bencana adalah: Eden tidak boleh jatuh cinta dengan salah satu dari ketiga cowok itu.

[*]

Di novel ini, ada empat karakter utama yang menjadi sumbu dan kekuatan cerita ini agar tetap enak dinikmati sampai akhir. Keempat tokoh tersebut adalah Eden, Setra, Rasi, dan Sabda.

Eden merupakan poros cerita ini berpusat. Dialah yang dapat melihat Emir, si guardian angel. Eden mengalami tingkat kesialan yang amat tinggi. Solusinya dia harus selalu berdekatan dengan tiga saudara itu.

Ada Setra, cowok ganteng dan berpemikiran dewasa. Dia memiliki karakter yang dianggap leh adik-adiknya sedikit egois dan terlalu mementingkan diri sendiri.

Rasi, cowok ganteng rupawan seperti bintang idola Korea. Dibandingkan dengan Setra dan Sabda, Rasi ini seperti bintangnya trio keluarga ini.

Sabda, anak bungsu yang sudah melewati kepahitan hidup selama bertahun-tahun. Karakternya terbentuk dari kesepian yang dia alami. Juga kekecewaan yang dia lewati sebagai anak bungsu. Sikapnya dingin, rapuh, dan jutek sekali.

Alur yang dipilih oleh penulis merupakan alur maju. Lebih mudah dipahami bagi remaja. Memang, novel ini merupakan novel remaja yang penikmatnya dipastikan masih terjangkit K-Pop Fever. Jika menyukai kisah persaudaraan, persahabatan yang dibumbui fantasi, Guardian boleh banget dimasukin ke wish list.

Bahasa yang digunakan oleh penulis dalam penulisan novel ini juga memakai bahasa kid zaman now. Bahasanya mudah dipahami.Akhir dari cerita ini mungkin tergantung bagi sebagian pembaca. Ya, tentu saja merasa begitu. Selain Guardianship, ada seri keduanya yang merupakan lanjutan dari novel ini.

Silver Lining of the Cloud merupakan lanjutan dari Guardianship. Lanjutannya bisa dibaca pada artikel selanjutnya.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *