Bibliolive

[Blog Tour] Guardianship 2; Garis Perak di Antara Mereka

Buku kedua Guardianship ini bukan sekuel atau seri dari Guardianship yang bersampul biru. Buku bersampul ungu ini memang lanjutannya. Bagi yang merasa buku pertama tanpa ending, wajib membaca buku kedua ini. Endingnya ada di buku ini.

Cerita apa yang ditawakan di buku kedua ini? Siapa yang menjadi poros cerita di Guardianship; Silver Lining of the Cloud karya Renita Nozaria? Agar tidak penasaran dengan promosi bukunya, silahkan membaca blurb buku ini terlebih dahulu, ya.

Judul Buku: Guardianhip, Silver Lining of the Cloud | Penulis: Renita Nozaria | Penerbit: Penerbit Bukune (Jakarta, 2019) | Tebal: iv+200 halaman | ISBN: 978-602-220-338-4

[*]

Kehidupan Eden berubah semenjak kehadiran Setra, Rasi, dan juga Sabda. Nyatanya, ketiga lelaki itu tidak hanya sekedar hadir. Jauh dari itu, mereka berhasil menyentuh hati Eden.

Situasi menjadi semakin rumit saat Rasi dan Sabda tahu, Eden hanya menyukai satu pria, yaitu Setra, kakak kandung mereka. Sementara itu, Emir sang guardian angel perlahan menghilang ketika Eden membutuhkannya.

Akankah Setra mengabaikan perasaan kedua adiknya demi memperjuangkan cintanya pada Eden, ataukah justru dia harus merelakan Eden karena cinta untuk kedua adiknya jauh lebih besar?

[*]

Dari blurb di atas, terlihat jika ceritanya makin menarik juga menggemaskan, bukan? Kisah sebelumnya memang menarik. Bagian ini jauh lebih menarik. Karena ini sambungan novel pertama, maka tidak akan menarik membaca bagian ini tanpa membaca bagian sebelumnya. Konfliknya ngumpul di sini. terutama bagian romansa novel ini.

Konflik di buku pertama fokus pada menyelesaikan masalah Setra dengan adik-adiknya. Eden sangat berperan besar karena dibantu oleh Emir, sang guardian angel. Sedangkan pada buku kedua ini lebih banyak bercerita tentang perasaan yang muncul di antara mereka. Tiga saudara ini jatuh cinta pada sosok yang sama.

Banyak yang mengatakan ilustrasi sampulnya menarik. Bagi saya pribadi, ilustrasi buku pertama jauh lebih menarik daripada buku yang kedua. Buku pertama berwarna biru dengan ilustrasi sederhana. Selain saya lebih suka warna biru daripada ungu. Ilustrasinya juga lebih misterius, sesuai dengan blurb dan kisah yang diuraikan oleh Renita Nozaria.

Di buku pertama, keluarga Setra ada di dalam lingkaran pada ilustrasi sampul depan. Secara tidak langsung menunjukkan benang merah cerita. Bahwa kisah Guardianship memang berkisar tentang sebuah hubungan. Alur ceritanya juga masih berporos pada tiga saudara ini. Kehadiran Eden juga memberi warna pada hubungan ketiga saudara ini.

Di buku pertama, akhir cerita ditutup dengan ilustrasi full color dengan kertas lux wajah tokoh di dalamnya. Di buku kedua juga sama. Jika buku pertama gambarnya lebih casual, di buku kedua lebih formal dan feminim. Khas sekali seperti cogan-cogan Korea yang super kiyut dan kece itu.

Bagi kalian yang masih berjiwa remaja, selain membaca, buku ini wajib dimiliki. Ada poster keren yang diselipkan pada halaman buku. Minat?

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

2 Comments

    • Ulfa Khairina

      Kalau suka baca sejenis fan fic, boleh deh mbak. Kalau nggak suka, aku nyaranin yang lain aja, mbak. Wuih, itu buku kan bagus banget buat emak. Hhahaha…. Tahun ini targetin baca non fiksi lebih banyak. Mampukah diriku di antara semua kelelahan ini? #GayaBanget dah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *