"You are Connecting To My Words"

Zat Kimia yang Masih Tersisa di Hati

Zat Kimia yang Masih Tersisa di Hati

Dear Olivers,
Novel ini pernah saya ulas di Instagram dan menjadi host GA untuk para pembaca. Saking bagusnya kah? Yang jelas, ini salah satu novel yang membuat saya masih kepikiran sampai detik ini. Padahal saya membacanya bulan April lalu, tapi baru sempat mengulas di blog pada minggu ini.

Penasaran kisah siapa? Coba baca blurb berikut.

Anna dan Frans-sepasang suami istri yang hidup terpisah antara Bandung-Surabaya berjuang untuk menata kehidupan rumah tangganya sebaik mungkin meskipun terpisah oleh jarak. Ditambah lagi, alasan mereka menikah bukan karena cinta. Tanpa disangka, masa lalu keduanya kembali membayangi bahtera pernikahan mereka. Sanggupkah mereka mempertahankan satu sama lain, atau justru berusaha mendapatkan apa yang tak pernah terlupakan?

Judul Buku: Unforgettable Chemistry | Penulis: Mala Shantii | Penerbit: Elex Media (Jakarta: Cet 2, Feb 2019) | Tebal: 320 halaman | ISBN: 978-602-04-9025-0

(^_^)

Berbicara soal tema, saya suka tema yang dipilih oleh Mala Shantii. Tidak banyak novel yang mengangkat kisah LDM dengan konflik bergelombang dan karakteristik tidak mudah ditebak.

Kak @malashantii tidak menciptakan banyak tokoh untuk novel ini. Tapi semua tokohnya bekerja dengan baik hingga cerita berakhir. Hampir tidak ada tokoh figuran. Bahkan mahasiswa kurang sopan yang membuat Anna naik spaning di awal pun punya peran jelang cerita usai.

Anna, panggilan dari Igais Buwana Dewi. Dosen cantik dan idaman di masa mudanya. Dia luar biasa pintar. Konyolnya, cinta masa muda menggadaikan masa depan di ‘rumah’ dosennya sendiri. Mengaku menikah tanpa cinta. Padahal dia cinta ori.

Dokter Frans, ahli onkologi dan bekerja di Bandung. Suami Anna yang bertemu sang istri tak sengaja di sebuah seminar. Menikahi Anna karena rasa nyaman dan cocok. Masa lalunya juga penuh petualangan.

Prof. Sindu, lelaki tua yang mendadak kembali dan menjadi dekan di fakultas Anna mengajar. Dengan lebaynya mengungkapkan cinta pada istri orang. Anna, istri Frans. Dokter yang juga dia kenal baik.

Dokter Mita, mantan kekasih Frans yang sudah menikah. Berempati pada Anna dan menjadi teman curhat Anna. Dia kembali setelah beberapa tahun berpisah dari Frans. Berstatus sebagai dokter kandungan Anna.

Dan ada beberapa tokoh lain yang mendukung perputaran poros cerita ini. Keempat orang ini adalah nafas dari Unforgettable Chemistry yang merupakan cetakan kedua pada Februari 2019.

Keberadaan mereka dalam #UnforgettableChemistry bukan saja membuat saya gregetan. Mereka juga menjadi guru bagi saya. Kebetulan, saya sedang mengalami LDM dengan jarak 357 km dan jarak tempuh 5 jam perjalanan darat.

Well, kisah dimulai dengan gambaran Anna yang super sibuk dan menempatkan Frans bukan sebagai prioritas. Sebagai orang yang merasa tidak ada cinta dalam pernikahan, dia tahu benar suaminya tidak akan lama marah padanya. Bagi yang belum menikah, jangan kaget dengan penjabaran tingkah Anna. Bukan deskripsi, hanya disebutkan saja.

Ternyata kali ini Frans berbeda. Dia serius mengambil sikap. Anna tidak peduli. Masalah sebelumnya tergolong selesai, masalah baru muncul lagi. Sang ‘mantan’ kembali dan berstatus sebagai atasan. Anna masih dilirik dan ‘dikejar.’ Bagian ini saya agak terkaget-kaget dengan masa lalu Anna. Seorang perempuan cerdas pun akan menjadi super tolol ketika berurusan dengan hati.

Anna dan Prof. Sindu dipergoki oleh Frans yang ingin memberi kejutan di kantornya. Momen yang paling tidak ingin dilihat oleh suami mana pun. Di sini harga diri Frans seolah dicabik oleh istrinya sendiri. Sampai dia melakukan tindakan yang tidak disangka. Sebagai pembaca yang terlanjur jatuh cinta pada Frans pun, saya merasa marah pada lelaki ini.

Saat galau Frans, Mita muncul sebagai kolega. Masa lalu sebagai sepasang kekasih seperti ditarik kembali. Permasalahannya muncul lagi, Anna hamil dan menjadi pasien Mita. Di saat kondisi lagi tidak menyenangkan, Frans malah kepergok lagi melalui suara di telp sedang bersama perempuan di kamar hotel. Sebelumnya Anna sempat membaca pesan dari seorang perempuan tentang kamar juga.

Ada perempuan yang bertanya, “Frans, bajuku kamu taruh dimana?”

Jika kamu berada di posisi ini, apa yang kalian bayangkan dan lakukan? Jujur saja, aku seperti jungkir balik dan menahan perasaan saat membacanya. Nggak kebayang jika aku seorang Anna.

Dalam novel #UnforgettableChemistryini setting tempatnya di Surabaya. Meskipun tidak menceritakan detil lokasi, sebagai pembaca kita sudah bisa membayangkan bagaimana lokasi yang diceritakan. Meski saya belum ke Surabaya. Iyalah, kisahnya hanya berkisar antara kampus, RS, rumah, kamar. Tempat yang akrab sekali dengan kehidupan kita.

Penekanan cerita menyentil kehidupan sosial dan psikologi. Bagaimana kehidupan jarak jauh pasutri yang bekerja. Ini berat, lho. Serius!

Tidak semua orang bisa melewati dengan mudah. Ada dilema, drama, intrik, dan ujian kesetiaan. Dalam novel ini, salah satu tokohnya memang menyerah untuk mundur dari pekerjaan demi kebersamaan.

Siapakah yang menyerah? Nah, kalau bagian ini kalian harus membaca sendiri, Olivers. Biar lebih seru dan tidak spoiler.

Ada beberapa poin yang catat sebagai ‘Kenapa harus baca novel ini.’

? Jika berpikir untuk LDM dengan alasan apapun, novel ini wajib dibaca sebagai pertimbangan gula-gula hidup.

? Ada berbagai nilai positif yang bisa dipetik. Baik sebagai istri, suami, atau orang ketiga.

? Bukan hanya sebagai hiburan. Novel ini juga layak bersanding dengan buku-buku acuan pernikahan lain.

Gotcha!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *