"You are Connecting To My Words"

(Un)Shattered Diamond; Berlian yang Terluka

(Un)Shattered Diamond; Berlian yang Terluka

Apakah kalian menyukai cerita action dan kisah cinta antara bos dan pengawal? Hmmm, setelah sekian lama saya tidak baca alur cerita yang begini, bulan ini saya berbahagia dengan tawaran cerita seperti yang saya inginkan.

Niatnya mau ngepost sejak awal minggu sejak banner diposting. Tapi jaringan internet di kotaku mengalami kendala. Nggak bisa upload gambar.

So, berikut blurb yang mencuri hati saya.

Seharusnya tugas Andra sederhana, dia hanya perlu bekerja pada Berlian Yasa selama enam bulan untuk memenuhi perjanjian dengan sang Opa. Namun, tidak ada yang memperingatkan, bahwa Berlian Yasa memiliki mata madu yang membuatnya ingin menyelam dalam tatapan. Tidak ada yang memberitahu, bahwa Berlian yang selalu tampak sempurna itu banyak retak jika dilihat dari dekat. Andra ingin melindungi semua retak itu, menjadi perisai hidup si Wanita Bermata Madu.

Berlian tidak pernah merasa membutuhkan perlindungan dari orang lain. Dia selalu ingin menjadi wanita kuat sembari menyembunyikan semua luka. Namun, melalui kelembutan yang tersimpan dalam sosok berbahaya Andra, wanita itu menemukan rasa aman. Ketika sang pengawal mempertaruhkan nyawa untuknya, Berlian tahu, dia menemukan seseorang untuk menerima seluruh kelemahannya.

Tanpa mereka sadari, sang pengawal percaya adalah pembawa masa lalu yang dapat membuat Berlian pecah berkeping-keping.

Judul Buku: (Un)shatered Diamond | Penulis: Opi Cepaka | Penerbit: Dolce Media (2019) | Tebal: 299 halaman | ISBN: 978-6237-347-09-1

(^_^)


Menarik bukan? Bahkan Nindya Chitra, penulis Lunar Eclipse yang juga bertindak sebagai editor memberi testimoni untuk novel ini, “Salah satu novel dengan banyak pergerakan di narasi. Pengungkapan yang detil menjadikan setiap aksi tergambar dengan baik. Kisah yang mudah dinikmati tanpa kata ‘tapi’.”

Apa yang pertama kalian lihat dari sebuah novel? Alur atau karakteristik? Apapun yang kalian pilih, hari ini saya ingin membahas soal alur duluan. Karakter tokoh akan saya bahas belakangan.

Menurut saya, kalimat editor yang saya kutip kemarin tidak bohong. Benar saja, di halaman pembuka novel ini pembaca langsung disodorkan dengan masalah.

Masalah, tidak melulu bikin kepala cenat cenut. Buktinya, kak @opicepaka justru berhasil memancing saya untuk membalik halaman selanjutnya.

Jadi, #unshattereddiamond ini memiliki alur maju yang nyerempet campuran. Bagi yang bingung dengan kisah yang dituturkan dengan alur campuran, #unshattereddiamond tidak membingungkan.

Justru saya suka sekali dengan gaya penulis memunculkan konflik. Naik turun, zig zag, sehingga selaku pembaca yang butuh tantangan, tidak mudah menemukan plot hole dalam cerita.

Apalagi pas adegan Lian diculik. Eh, kok bisa diculik sih? Akhirnya penasaran dengan motif penculikan ini.

Terus lagi pas adegan pertarungan hati Lian dan Andra. Jadi kepikiran, mereka jadian nggak sih? Mereka sempat ehem ehem nggak, sih.

Pertanyaan kepada diri sendiri ini yang mendorong mata tidak berpindah. Halaman terus berganti.

Berbincang soal setting, mungkin dalam pikiran kita hanya berbicara tentang tempat. Tapi setting tidak selalu soal tempat. Ada waktu dan lain-lain.

Jika kita tipikal orang yang kurang suka mengingat dan membayangkan tempat, #unshattereddiamond menawarkan kelebihan ini. Kita hanya perlu membayangkan kondisi dari deskripsi tempat Lian dan Andra. Lengkap dengan semua intriknya.

Tema yang diangkat oleh penulis pun nggak melulu cinta yang biasa. Seperti nonton drakor, tapi dikemas dengan cara lokal.

Kak @opicepaka membuktikan bahwa setting lokal nggak melulu nggak asyik.


So, pertanyaannya adalah: Mengapa harus baca novel ini?

Ada tiga poin utama yang saya berikan untuk menjawab pertanyaan di atas.

? Bercerita kisah cinta, action, petualangan, dan persaingan serta ambisi sekaligus. Bukan mudah mengemas intrik tersebut menjadi satu cerita yang enak dibaca. Jadi, novel ini recommended banget.

? Novel ini juga mengajarkan cara memaafkan dan melupakan masa lalu. Dilengkapi dengan quote bagus hampir di tiap bab. Bagi para quote collector, recommended banget.

? Gaya bahasa yang enak dicerna dan susah move on. Sejak zaman digital, susah kan nyari novel yang begini?

So, #unshattereddiamond is one of the best choice untuk menemani akhir pekan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *