Bookish

5 Cara Memenangkan Give Away

“Kak, kayaknya kakak sering banget dapat GA, gimana caranya, kak? Aku kok jarang banget dapat. Padahal jawabannya udah aku pikirin luar biasa, lho, kak.” Kalimat seperti ini sering sekali saya terima ari beberapa orang yang ikutan Give Away (GA). Khususnya ketika nama saya muncul di penguman salah satu host yang memandu GA.

Pertanyaan serupa juga sering saya ajukan kepada diri sendiri ketika pertama kali saya menjadi bookstagrammer. Bagaimana caranya memenangkan GA? Bahkan saya sempat kesal juga saat nama itu-itu saja yang muncul sebagai pemenang GA.

Saya mempelajari cara memenangkan GA dengan mengamati para pemenang. Sampai akhirnya, kesempatan memenangkan GA saya dapatkan juga pada akhir Juli 2018. Dua bulan setelah saya menjadi bookstagrammer.

Berikut adalah lima cara memenangkan GA berdasarkan pengalaman saya.

[1] Perbaiki Feeds

Apa hubungannya antara feeds dan GA? Erat sekali kaitannya, guys! Kalau kita mau memenangkan GA buku, otomatis feeds kita juga harus berisi tentang buku. Bukan berarti tidak boleh dicampur dengan foto pribadi. Boleh sekali. Tidak ada larangan sama sekali. Tapi maksimalkan feeds dengan mengisi foto buku-buku juga lengkap dengan caption menarik. Itu kenapa host GA mensyaratkan, “Akun jangan dikunci, ya.” Mereka akan mengecek. Apakah akun kita berisi khusus GA atau sama sekali tidak ada portofolio soal book review.

[2] Isi Feeds dengan Book Review

Salah satu syarat lainnya adalah mengulas buku jika menang. Misalnya untuk lima postingan. Otomatis host juga akan mengecek bagaimana kita menulis review selama lima hari berturut-turut. Konsisten atau tidak. Soal bagus, menurut saya relatif sekali. Saya perhatikan, setiap reviewer memiliki cara dan ciri khas sendiri dalam menulis ulasan buku yang dibaca.

Meskipun sebelumnya belum pernah menang GA dan wajib review selama lima kali postingan, tidak ada salahnya menulis daily review dengan lima kali postingan. Menurut pengamatan saya, justru di sini nilai plus untuk memenangkan GA. Tidak pelit berbagi koleksi pribadi.

[3] Ikuti Rules

 Rules? Apaan ini? Ya, aturan main yang diberikan oleh host GA kepada peserta. Banyak sekali peserta GA yang diskualifikasi karena tidak mengikuti rules. Beberapa kali saya membaca curcol para host GA di stories mereka soal rules yang tidak diikuti oleh para peserta. Kasus yang paling sering soal repost banner dan follow akun tertentu.

Banner yang direpost jangan dihapus dulu jika pengumuman pemenang belum ditentukan. Bisa jadi semua data direkap setelah deadline GA atau pas malam pengumuman GA. Tidak ada yang tidak mungkin, kan?

Kemudian soal follow penulis atau penerbitnya. Jika ini adalah ketentuannya, maka lakukan saja. Jangan gegara nggak difollback oleh penulis atau penerbit, lantas kita juga unfollow mereka. Sama saja tidak mengikuti rules GA yang diberikan, kan?

[4] Foto dan Review Menarik

“Ah, aku kan nggak bisa foto bagus.” Keluhan seperti ini juga kerap kali menyurutkan rasa percaya diri. Meskipun banyak pemenang GA yang fotonya biasa saja, atau (maaf) kurang menarik, rezeki bisa datang kepada siapa saja.

Terus kembangkan angle pemotretan buku. Belajar dan belajar sejalan lamanya masa kejayaan sebagai bookstagrammer. Selain foto, caption berupa review juga harus terus diasah. Ikuti aturan main baku yang tidak tertulis di dunia bookstagram itu penting sekali.

Terkadang, penulis yang akan memilih pemenang GA bukan saja melihat foto yang menarik. Kejujuran dan bahasa dalam menulis review juga menjadi pertimbangan utama.

[5] Jangan Menyerah

Inilah poin paling penting dari kelima poin yang ingin saya bagikan. Banyak GA hunters yang menyerah setelah beberapa kali ikutan malah tidak menang. Alasannya, “Capek, ah. Sudah capek ikutan nggak pernah dapat.”

Kelima poin di atas saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil pengamatan saya terhadap bookstagrammer lain. Semoga bermanfaat dan juga berhasil diterapkan, Olivers.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

6 Comments

  • Melya Rahmi

    Jarang banget orang yg upload cara memenangkan GA, bukan karena mereka gak mau berbagi, tapi lebih tepatnya mungkin mereka menganggap itu hanya sebuah keberuntungan. Terima Kasih banyak kak udah upload yang begini. Beberapa yang mbak katakan udah pernah aku lakuin malahan bisa disebut sering. Tapi yang satu baru aku lakuin, yaitu Ngereview buku dan bagusin feed. Makasih banyak mbak ilmunya, dan aku juga baru jadi bookstagram dan bisa dibilang belum apa-apa nya dalam hal memotret.

    • Ulfa Khairina

      Sama-sama Melya,
      Semua butuh proses. Saya sendiri belajar banyak book photpgraphy setelah jadi bookstagrammer. Dan tentu saja proses akan membuat kita lebih baik. Kita sama-sama belajar dari hal kecil. Tetap semangat ikutan GA, ya…

  • Luthfi Zuka

    tapi kalo udah bbrapa x ikut cara itu dan masih gak menang..ttap pesimis juga kak..😁 plingan cara jitu..ya sisihin uang jajan..hahaha
    tapi kalo rejeki..ttap gak kemna..ya kan kak?

  • Desita Wahyuningtias

    Setuju sama tipsnya. Awalnya saya minder ikut GA di IG nggak pernah menang (pas pake IG pribadi) terus dapet saran dari beberapa temen supaya isi feed sama review atau setidaknya foto buku. Jadilah saya putuskan buat IG khusus biar feednya nggak belang-belang amat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *