Bibliolive

Move Like Jagger

Judul Buku: Move Like Jagger • Penulis: Christian Simamora • Penerbit: Twigora (Jakarta, 2018) • Tebal: x+366 halaman • ISBN: 978-602-534-461-9

Yang Bella tahu tentang Jagger Sudarso:
🍑 Nggak bisa diajak ngobrol basa basi.
🍑 Nggak sudi diganggu karena lagi baca buku -euh, David Baldacci itu penulis novel apaan sih?
🍑 Nggak ada angin, nggak ada hujan, malah disangka suami Bella!


Perjalanan kali ini benar-benar apes. Nggak hanya penerbangannya dialihkan dan membuat Bella harus menginap semalam di Hong Kong. Eh, malah dituduh sudah menikah! Bisa-bisanya, hanya kareba bernama belakang sama-dan kebetulan duduk bersebelahan di pesawat-dia dan cowok judes itu dikira pasangan suami istri. Memang sih, dengan cepat mereka mengatasi kesalahpahaman itu, tetapi tetap saja harus berbagi kamar yang sama.

Awalnya, karena sama-sama butuh beritirahat di tempat tidur yang nyaman, Bella mencoba untuk sedikit lebih akrab dengan Jagger. Dia juga tak keberatan ditemanu ngemil di minimarket sebelah hotel. Tapi, tak disangka-sangka, Bella bisa lebih dari sekedar bertoleransi dengan cowok itu. Malah, malam itu berakhir dengan lebih dari sekedar ciuman persahabatan di pipu.

Meski begitu, Bella tahu diru. Kedekatan ini nggak lebih dari sekedar pengalaman menarik dalam perjalanan , bukan bab pertama cerita cinta baru. Semuanya otomatis berakhir ketika mereka menginjakkan kaki di Indonesia.

Harusnya sih gitu ya.

Tapi kenapa kemudian Bella malah jadi plus one di pernikahan abang Jagger?

[*]

Hong Kong, pesawat, dan cowok ganteng. Terjebak di kamar yang sama hanya karena kesamaan nama belakang. Well, apa yang kalian bayangkan akan terjadi?

Bella Sudarso, cewek yang memiliki masa lalu nyaris tidak terdeteksi harus menghadapi kenyataan dengan melihat cowok tampan sepanjang malam.

Jagger Sudarso, cowok tampan yang terpaksa harus pulang ke Jakarta demi menghadiri pernikahan abangnya dengan mantan kekasihnya. Eum, tepatnya kekasih yang ditikung oleh abangnya sendiri.

Tema yang menarik bukan? Meskipun hal seperti ini bukan hal aneh terjadi di dunia percintaan yang mengedepankan LDR sebagai masalah.

Keduanya seperti tersedot dalam pesona masing-masing. Sampai obrolan receh yang menyakitkan membawa mereka ke one night stand.

Cukup sampai di sini? Tidak. Karena ternyata masalah lain membawa mereka ke masalah yang lainnya. Pemilihan tema yang menarik dengan katakter dan penggunaan narasi yang memikat. @xsimamora berhasil menghipnotis saya menjalani kisah Bella dan Jag dengan manis. Juga menciptakan debar setiap pertemuan dan perbincangan mereka.

Eits, tapi novel ini tidak untuk konsumsi di bawah umur, ya. Jika nekat membaca, saya tidak menanggung akibatnya.


Hong Kong dan Jakarta. Saya suka cara @xsimamora memilih lokasi dan nama-nama tertentu di sini. Tidak mempromosikan produk atau perusahaan tertentu, juga tidak membuat pembaca bingung karena bisa langsung membayangkan. Seperti ketika mereka terjebak di Hong Kong, penulis lebih banyak bercerita mereka ngobrol daripada menjelajahi Hong Kong seperti kebanyakan penulis lainnya.

Tokoh memiliki sisi yang kuat dengan deskripsi luar biasa. Omg! Saya seperti menonton film hollywood ketika membaca beberapa halaman erotis di halaman ini. Bagian ini, jangan dibaca bagi yang tidak kuat iman dan belum menikah.

Bagian menarik lainnya adalah ketika Bella membuat mantan Jagger yang sedang bersanding dengan abangnya di pelaminan. Saya suka bagian ini. *ketawa jahat pakai tanduk*.

Bella dan Jagger? Ya, sebagai tokoh utama, cerita juga berporos pada keduanya. Saya suka model penceritaan seperti ini. Berasa lebih dekat dengan kedua tokoh dan ikut merasakan emosi meledak-ledak saat konflik dimainkan oleh penulis.

Jelang penutup bab, emosi saya dimainkan oleh kisah masa lalu Bella yang undetected pada awalnya. Bella tampak seperti orang yang amat menikmati hidup. Tapi ternyata… Hanya yang membaca sendiri novel ini tahu bagaimana lukanya Bella. Dan lebih afdhal memang membaca sendiri.

Judul tiap bab sangat menarik. Terutama bab 3, pembaca dibuat menebak-nebak duluan dengan mengisi kemungkinan sebelum memasuki cerita sesungguhnya. Termasuk tiap bab yang diawali dengan quiz ala majalah.


Selama membaca novel ini, ada banyak amanat yang saya dapatkan. Beberapa di antaranya adalah:

🍑 Teori LDR tidak akan pernah sukses jika satu sama lain tidak saling menjaga diri.

🍑 Satu-satunya cara mengembalikan hati yang terluka dengan membiarkan hati mencari pengobat luka itu sendiri. Hati yang juga terluka.

🍑 Memaafkan adalah cara paling mudah untuk mengobati diri sendiri. Meskipun prakteknya tidak semudah itu.

🍑 Sebuah hubungan perlu dinikmati sebagaimana wajarnya. Bukan seperti apa maunya.

Dan akhirnya saya mengucapkan terima kasih buat @twigora yang sudah memberikan kesempatan review novel super manis legit full caramel ini. Thanks buat semua teman-teman yang sudah review sebelumnya. Next tour goes to kak @rizkymirgawati ya. Jangan lupa ikuti review keren dari kak @rizkymirgawatiguys.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

2 Comments

  • Ajeng Veran

    wahhh saya kok ikut menikmati gambaran ceritanya, ya. Ngomong-ngomong saya penasaran dengan bagian ini “Bagian menarik lainnya adalah ketika Bella membuat mantan Jagger yang sedang bersanding dengan abangnya di pelaminan. Saya suka bagian ini.” ada apa sebenarnya, ya. 🙂

    • Ulfa Khairina

      Iya, mbak. Memang ceritanya layak buat dinikmati.
      Bersiap baper jika membaca bagian ini.
      Masa lalu kadang bikin orang sangat bijak dalam membuat keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *