Traveliner

Chicken Karahi, Mengintip Kari ala Pakistan

Anda suka makan kari?

Hmm, jika iya, kari dari negara mana yang paling Anda sukai, Olivers? Ya, karena di benua Asia, kari mempunyai posisi masing-masing di hati penikmatnya.

Memang, kari India lebih terkenal sejak film Bollywood menguasai pasar hiburan dunia. Termasuk juga pelakapan bahwa kari itu adalah salah satu makanan khas dari negerinya babang Shah Rukh Khan.

So far, bukan India saja yang memiliki kari. Pakistan, Bangladesh, Malaysia, China, Thailand, bahkan Indonesia memiliki menu bernama kari. Hanya cara memasak dan rempah yang digunakan saja berbeda. Sehingga memberikan rasa yang berbeda pula bagi penikmatnya.

Mari berbicara kari asal Pakistan. Salah satu kari yang amat saya sukai selama perjalanan kuliner tiga tahun belakangan ini. Bahkan saya juga memaksakan diri untuk belajar memasak menu dengan sebutan karahi ini demi tetap bisa menikmati khasnya kari asal Pakistan.

Sama halnya seperti di Indonesia, setiap daerah memiliki cara dan rempah yang berbeda ketika memasak kari. Katanya, Aceh memiliki rasa yang paling dekat dengan kari buatan India dan Arab. Sementara Pakistan merupakan perpaduan rasa kedua negara ini. Kedekatan rasa ini juga tak lepas dari akulturasi dan asimilasi budaya yang terjadi beberapa ratus silam ketika masa kejayaan dan pencarian wilayah di nusantara.

Sudah tahu, kan, jika Aceh disinggahi oleh bangsa gujarat dari India dalam pencarian rempah? Saat itulah pertukaran rasa melalui makanan tanpa disadari mulai masuk sebagai salah satu bagian dari kuliner nusantara.

Di Aceh, kari dimasak dengan kuah dan pedas. Belum tentu semua penikmat kari menyukai rasa dan tekstur kari ala Aceh. Ini juga menurut pengakuan beberapa teman saya yang datang dari luar Pulau Sumatera. Kebanyakan pengunjung ke Aceh mengatakan jika masakan Aceh pedas. Termasuk karinya.

Selama tiga tahun lamanya, saya cukup dekat dengan teman-teman asal Pakistan. Mereka sampai mengajarkan saya cara memasak kari. Meskipun mereka kerap mengundang saya untuk makan kari. Di Pakistan sendiri, tidak semua orang menyukai nasi. Sebagian dari mereka bahkan sangat menghindari nasi. Tergantung wilayah mana mereka tinggal dan terbiasa. Sebut saja orang-orang Punjab yang menjadi dominasi etnis di Pakistan, mereka menyukai dan menikmati nasi sebagai menu utama. Sementara orang-orang Pashton dari provinsi KPK yang berbatasan dengan Afghanistan lebih menyukai roti seperti naan.

Kari mereka dimasak hingga kering. Terkdang hanya tersisa minyak di wadah yang mengisi kari tersebut. Naan (roti dengan tekstur keras) disobek dan dicolek dengan karahi (kari). Baru dimakan dengan nikmat.

Saya pun sangat menikmati makan kari dengan mereka. Saking doyannya, teman saya membagikan resep memasak karahi ala anak kos. Simpel, sederhana, dan lezat. Dan tentu saja, untuk menyajikan karahi yang mendekati sempurna, Anda harus menyiapkan remah utama terlebih dahulu, garam masala.

Resep kari ala Pakistan bisa dicek di artikel berikutnya, ya, Olivers.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *