"You are Connecting To My Words"

Jurnalisme Universal; Menelusuri Prinsip Dakwah Bil Al Qalam

Judul Buku: Jurnalisme Universal; Menelusuri Prinsip-Prinsip Da’wah Bi Al-Qalam Dalam Al-Qur’an • Penulis: Suf Kasman • Penerbit: Teraju (Bandung, 2004) • Tebal: 244 halaman • ISBN: –

Belasan abad silam, produk jurnalistik Islam memainkan peran dominan dalam mengisi hiruk pikuk kebangkitan Islam secara menyeluruh. Uniknya, gagasan revolusioner Islam yang menyeru kepada budaya baca-tulis dengan ayat-ayat iqra’-nya terlahir di tengah-tengah komunitas yang justru ‘antihuruf’. Kendatipun tidak sendirian, namun yang pasti peran jurnalistik Islam bukan sesuatu yang bisa dipandang sebelah mata.

So, here we go. Buku jurnalisme lain yang berbicara tentang kegiatan jurnalistik dalam sudut pandang keilmuan Islam. Sebutlah ia sebagai dasar jurnalistik dalam Al-Qur’an. Sebagai alumni Universitas Islam, saya menyadari benar bahwa kelebihan menimba ilmu di kampus agama ya digiring ke arah agama.

Jurnalistik Islam melanggar ranah keilmuan?

Secara teori pun, sejarah jurnalistik sudah ada pada masa Nabi Nuh AS. Ketika seekor burung menyampaikan berita tentang akan terjadi banjir bandang dan semua pengikut kaum Nabi Nuh AS untuk masuk ke kapal Nabi Nuh AS. Inilah asal mula jurnalistik Islam.

Sementara seharah jurnalistik universal dimulai ketika Acta Diurna di Jerman. Bermula ditemukannya mesin cetak olwh Gutenberg.


Buku ini terbagi atas 5 bab yang membahas tentang gagasan jurnalisme Islam, jurnalistik dan jurnalistik islami, fenomena dakwah bil qalam dalam perspektif alqur’an, dan pendekatan dakwah jurnalistik. Dibandingkan dengan buku sebelumnya yang saya ulas, di dalam buku ini tidak dibahas sama sekali bagaimana cara menulis berita.

Jurnalisme Universal lebih banyak mengkaji sejarah dan analisa dengan pendekatan alquran dan hadits.


Dalam bab 5 dibahas pula tentang pendekatan dakwah jurnalistik yang terbagi dalam dua. Pendekatan korespondensi (klasik) dan pendekatan media cetak (modern).

Bedakah antara jurnalistik dan jurnalistik Islami? Apa yang anda tahu tentang keduanya?

Suf Kasman menjelaskan perbedaan antara keduanya. Jurnalistik yang selama ini dianut oleh pelaku jurnalistik bukanlah islami. Dia tidak berpegang teguh pada Quran dan Hadits. Sementara jurnalistik Islami jelas. Landasannya adalah alquran dan hadits.

Ada beberapa hal yang membedakan. Salah satunya konten yang disampaikan. Jurnalistik Islami berpedoman pada QS. Alhujurat: 6.

Kepo dengan bunyi ayatnya? Silahkan buka Alqur’an ya.

Kegundahan Suf Kasman terhadap perkembangan jurnalistik dewasa ini dijawab oleh penulis pada bab terakhir, Pendekatan Dakwah Jurnalistik.

Pada bab ini, penulis membagi dua pendekatan, klasik dan modern. Dalam pendekatan klasik, Suf Kasman menulus tentang peninggalan korespondensi pada masa keislaman sebagai acuan berpikir para jurnalis Islami. Seperti surat-surat Nabi SAW untuj Kaisar Al-Najasyi, ketika Al-Najasyi masuk Islam, surat nabi kepada Heraclius, sampai makna basmallah dalam surat-surat Nabi. Dilengkapi pula dengan surat sahabat Nabi kepada kaumnya.

Pendekatan media cetak Suf Kasman memilih Al-qur’an, kitab/buku, majalah dan surat kabar.

Dilengkapi pula dengan 7 kode etik jurnalistik islami yang dilengkapi dengan dalil naqli.

Menurutmu, apa pentingnya membaca jurnalisme universal? Setelah membaca review selama 4 hari ini. Tentu saja ada sesuatu yang ingin tersampaikan bukan?

Saya mempunyai 3 poin utama yang ingin saya sampaikan setelah membaca buku ini.

? Meskipun lebih banyak membahas sejarah dan perbandingan aliran jurnalisme, buku ini sangat direkomendasikan untuk mahasiswa jurnalistik yang berkuliah di kampus agama Islam seperti UIN, IAIN, STAI, dll.

? Ada beberapa sejarah dan topik agak sulit ditemukan di buku referensi lain. Buku ini menjelaskan dengan bahasa sederhana, ilmiah, dan mendetil. Sayangnya, buku sebagus ini belum ada ISBNnya.

? Lebih peka tentang jurnalistik dan ihwal keilmuannya.

Dari uraian selama 5 hari ini, semoga ulasan buku ini memberi manfaat untuk pembaca dan siapa saja yang sedang mencari buku jurnalistik.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *