Bibliolive

Gagal Move On

Judul Buku: Gagal Move On • Penulis: Eriska Helmi • Penerbit: Grass Media (Jawa Tengah, 2018) • Tebal: 291 halaman • ISBN: 978-602-52344-5-3

Sampai berapa kali tantangan saya baru bisa menerima kata iya dari kamu?”

“Tujuh?”


“Kamu mau nyiksa saya? Tiga.”

“Anggie udah baek ya, mas. Saingan mas itu cuma cabe, bukan orang. Lima.”

“Empat.”

“Lima, mas.”

“Oke, deal lima, tapi kita langsung ke KUA.”
*
Usai putus dari sang mantan, Kenanga enggan bertemu lagi dengan namanya cinta. Dia bahkan menggunakan tantangan sebagai jalan menjauhkan lelaki darinya.

Di antara semua yang mendekati, ada satu yang berhasil melewati tantangan maut bersama 100 cabe. Dialah Raihan. Dokter residen yang tiba-tiba muncul dalam hidupnya.

Namun bernarkah cinta bisa datang dengan begitu mudah? Ketika godaan itu datang, sanggupkah mereka bertahan dari luka yang kembali menganga?

[*]

Ada yang penasaran dengan kisah ini setelah baca blurb? Jika iya, Anda bukan satu-satunya. Saya juga.


Berbicara tentang karakteristik. @eriskahelmi berhasil menciptakan dua tokoh dengan sosok yang sangat manis. Serius, saya pun jatuh cinta pada pak dokter Raihan.

Anggie yang cantik tapi krasak krusuk. Kalau ngomong nggak pakai mikir. Di sini karakter si tokohnya keren banget. Tipikal cewek nggak biasa dan diminati. Pak dokter yang cool kayak kulkas. Tipikal profesi kelas atas. Benar-benar sosok yang sedikit tidak dipercayai bisa jatuh cinta pada Anggie.

So far, memang realistis, sih. Setiap lelaki akan jatuh cinta pada tampang dulu. Bukan pada hatinya.

Tokoh-tokoh pendukung yang diciptakan oleh @eriskahelmi juga hidup. Seperti para abangnya Anggie yang sangat care pada dia. Juga sosok Maiza, yang ditunjukkan sebagai orang sok cool.

Satu hal yang membuat saya tidak berhenti membaca #GagalMoveOn adalah bab pertama yang menarik. Begitu dimulai dengan kecelakaan ajaib itu, saya langsung ngakak dan gagal move on dari novel ini. Lanjutkan atau abaikan. Saya pilih lanjutkan.

Apa yang terpikir ketika seorang mantan tunangan masih menjejak di pikiran? Gilanya lagi, kenangan paling aib dan menyedihkan yang terus menguasai pikiran.

Anggie tidak bisa memaafkannya. Dia juga sulit memaafkan. Penyebabnya, orang lain pun susah masuk. Sebagai formalitas, dia memberi tantangan untuk semua lelaki yang mendekatinya. Mencoba membuat mereka mundur teratur. Raihan beda, dia bisa menaklukkan Anggie meski perutnya menjadi korban 100 cabe.

Rasanya sangat sulit melakukan sesuatu seperti Raihan di dunia nyata. Tapi orang seperti Raihan dan Anggie memang ada. Nyata di dunia.

Konflik yang dibangun tidak buru-buru. Mengalir, menanjak, perlahan menuju klimak dengan memainkan emosi pembaca. Ketika pembaca dirasa sudah mulai ngena, plek! Kendali cerita dilepaskan.

Pembaca berhasil mewek. Saya juga. Dan tak terasa lembaran Gagal Move On sudah dipenghujung.


Sudah lama saya tidak baca novel sambil ngakak-ngakak. Gagal Move On yang ditulis oleh @eriskahelmi justru bisa mengocok perut saya kali ini. Bisa membayangkan tiap adegan yang disampaikan oleh penulis adalah nilai plus. Apalagi membayangkan Anggie naik motor ninja dengan seragam PNSnya. Bagian ini unik sekali.

Narasi yang dikembangkan oleh penulis dengan sudut pandang ketiga memang lebih mudah berada di sisi tiap tokoh. Seperti ketika menyelami perasaan Raihan saat Anggie kecelakaan nyaris meninggal. Ketika Anggie yang ngomongnya selalu tidak terkontrol tapi bisa sangat cerdas dan teratur berbicara di depan sang mantan. Bahkan ketika Anggie menonjok mantannya sampai gigi rontok. Kurang ngakak apalagi, coba?!

Nilai-nilai sosial budaya yang dibangun oleh penulis cukup dekat dengan kondisi masyarakat Indonesia saat ini. Seperti keinginan kebanyakan anak muda menjadi kaya sebagai YouTuber, selebgram, atau artis. @eriskahelmi dengan cerdas memberi pemahaman bahwa pekerjaan seperti ini juga butuh pekerjaan utama untuk mendampingi. Dan menjadi seleb di sosial media tidak lantas menjauhkan si selwb dari hal hal yang dianggap jorok untuk tetap eksis.

Banyak hal sederhana lain yang diangkat oleh @eriskahelmi sebagai wacana membuka pemikiran anak muda Indonesia melalui novel kocak ini.

Penasaran?

Apa yang menarik dari Gagal Move on? Yang pasti, anda juga akan gagal move on ke buku lainnya. Berikut beberapa poin yang saya catat sebagai rekomendasi.

📑 Recommended buat yang menyukai kisah yang mengandung nilai humor tinggi.

📑 Kisah PNS di Dinas Peternakan dan dokter yang jarang ditulis oleh para penulis.

📑 Mengandung nilai positif tentang bagaimana cara mendepak mantan dari hati dengan cara yang baik.

📑 Mengarahkan ke arah yang baik. Terutama menjadi pribadi yang lebih baik.

Penasaran? Yuk, baca sendiri aja. Agar sensasi sakit perut dan gagal move on yang saya rasakan juga bisa ikut dirasakan oleh kalian semua.

Finally, thanks untuk @eriskahelmi yang telah menciptakan kisah menarik ini dan memberikan kesempatan saya untuk membaca pada angkatan pertama. Terus produktif dan menciptakan kisah-kisah menarik lainnya.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *