Bookish

Five of Decembooks, Penutup Tahun nan Tertatih

Bulan Desember, saya menargetkan akan menyelesaikan membaca selusin buku dari genre berbagai macam. Bukunya sudah ada. Beberapa di antaranya adalan endorse alias kewajiban untuk direview. Rasa malas yang memukul-mukul saya seperti cambuk mundur yang memaksa. Akhirnya saya memilih mengalah dengan menyerah hanya lima buku bulan ini. Lima saja yang sempat saya tulis reviewnya dan membagikan ke instagram.

Padahal, bulan ini cukup hoki dalam dunia perbukuan. Saya memenangkan beberapa GA dan mendapatkan paket buku yang sangat menarik untuk langsung dipreteli segelnya. Lagi-lagi, hidup tidak semudah membuat rencana. Ada berbagai alasan mengapa saya akhirnya hanya menyerah dengan lima buku sampai akhir. Tidak ada istilah wrap up December seperti bulan-bulan sebelumnya.

Bulan ini saya macet dengan berbagai macam alasan. Bahkan tantangan menulis blog satu bulan penuh pun tidak terkejar. Ada yang lebih penting dari semuanya, mengikuti tahap akhir ujian negara impian sejuta ummat. Sudah di tahap paling jauh, setidaknya saya berusaha sedikit bukan?

Ada lima buku yang saya review di instagram bulan ini. Selain kelima buku itu, ada beberapa buku lain yang saya baca, selesaikan, tapi tidak saya post ke instagram karena mepet waktu dan tidak sempat foto. Semoga nanti, di bulan-bulan selanjutnya akan nyelip untuk direview. Kelima buku yang saya baca dan review tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tanah Baru, Tanah Air Kedua (NH. Dini)
  2. Media Analysis Technique (Arthur Asa Berger)
  3. Fairy Tales From the Arabian Nights (E. Dixon)
  4. Jurnalistik Islami (Ahmad Y. Samantho)
  5. Sea Prayer (Khaled Hosseini)

Tahun 2019 saya juga menantang diri saya untuk membaca minimal 50 buku dari berbagai genre. Jika mengikuti tantangan bulanan seperti tahun ini, maka total buku yang akan saya tamatkan tahun 2019 minimal berjumlah 78 judul. Itu pun jika tantangannya terpenuhi. Bisa jadi lebih karena tuntutan review dari penerbit.

Berikut ini daftar buku yang saya rencanakan untuk baca alias masuk wishlist selama tahun 2019.

Januari; Move Like Jagger (Christian Simamora). Novel ini sudah masuk dalam jadwal review dari Twigora dan terdaftar dalam book tour bersama kak Rizky Mirgawati.

Februari; The Casual Vacancy (JK. Rowling), Burning Sea (John Shors).

Maret; Mehrunnisa the Twentieth Wife, Nur Jahan the Queen of Mughal, Jahanara the Shadow Princess. Ketiganya karangan Indu Sundaresan. Cerita berseri.

April; Mediating Islam (Janet Steele), Jungkir Balik Dunia Bankir (Haryadi Yansyah), The Kite Runner (Khaled Hoseini), Pelik (Ary Nilandari).

Mei; The Selection, The Elite, The One, The Heir, The Crown. Kelima buku ini adalah serial The Selection Series yang ditulis oleh Keira Cass. Sudah lama nongkrong di rak buku dan ingin baca segera. Tapi apa lah daya, jika kesibukan menyita waktu membaca melebihi apapun.

Juni; Hajar-Rahasia Hati Sang Ratu Zamzam, Khadijah-Ketika Rahasia Mim Tersingkap, Maryam-Bunda Suci Sang Nabi, Aisyah-Wanita yang Hadir Dalam Mimpi Rasulullah, Asiyah-Sang Mawar Gurun Fir’aun. Kelimanya karya Sibel Eraslan. Ada satu lagi yang masuk ke dalam daftar baca bulan Juni, masih termasuk dalam seri wanita penghuni surga juga, Fatimah. Tapi saya belum memiliki buku Fatimah ini. Semoga bulan Juni buku ini sudah masuk ke dalam rak buku saya.

Juli; Critical Eleven (Ika Natassa), Semusim di Mahsyar (Hadi Fayyadh), The Great Expectations (Charles Dickens), Bellamore (Karla M. Nashar). Beautiful Mistake (Sefryana Khairil & Prisca Primasari), Bridge to Terabithia (Katherine Paterson), dan Liu Hulan (Lisa See).

Agustus; Samurai 1-Jembatan Empat Musim, Samurai 2-Misteri Burung Gereja. Keduanya karangan Takashi Matsuoka. Tomorrow is Today (Rhenald Kasali), Mountwood School for Ghosts (Tobi Ibbotson), Qalbu Bukan Hati (Fairus M. Nur Ibrahim), Brida (Paulo Coelho), dan Personal Branding (Amelia E. Maulana).

September; Garis Waktu (Fiersa Besari), Turki yang Tidak Kalian Kenal (Tim Turkish Spirit), Hikayat Negeri Kopi (Syukri Muhammad Syukri), Keajaiban Doa (Khalid Ibn Sulaiman), Aceh Pungo (Taufik Al Mubarak), Jejak Setapak di Tanah Rencong (Siti Rahmah), Excellent Life (Ibrahim El-Fiky), Istri-Istri Calon Penghuni Surga dan Neraka, dan Kata Dalam Sketsa (A. Dewanti. P).

Oktober; Fiqih Wanita (Muhammad Fuad), Fire and Ice (Julie Garwood), Wedding Night (Sophie Kinsella), Dari Rue Saint ke Kemayoran (NH. Dini), Dari Kemayoran ke Ngaliyan (NH. Dini), Tirai Menurun (NH. Dini), dan beberapa judul yang masih misteri.

November dan Desember tahun depan juga sudah menanti buku apa yang akan saya baca. Bisa jadi judul-judul yang sudah saya masukkan ke daftar akan bergeser seiring dengan permintaan review dari penulis.

Jika teman-teman ada yang ingin meminjamkan buku, baik sekedar meminjamkan atau memberikan sebagai hadiah, saya sangat welcome, ya.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *