BP Network

Mom, Lakukan Ini Untuk Menenangkan Hati Resah

“What do you want to do with all these stuff?” teman saya pernah terkejut melihat deterjen, ember, gel pencuci piring dan spon pencuci piring sekalian. Ia tidak menyangka saya yang sangat terlihat perempuan di luar rumah malah menghabiskan waktu di super market hanya untuk membeli beberapa perlengkapan sebagai IRT yang mengarah ke ‘sumur’.

“I want to wash dishes,” Kata saya santai waktu itu. Matanya berputar dan menatap saya tidak percaya.

“Like… Seriously?” Dia benar-benar tidak percaya. Seorang lelaki, selalu mengejek saya yang menghabiskan waktu di rumah hanya dengan membaca vel, menonton talkshow favorit di TV, nonton YouTube, jalan-jalan, bekerja, shopping, dan tiba-tiba dia harus melihat saya dengan semua perkakas emak-emak.

Ya, dimana pun saya berada, hanya ada tiga hal yang biasanya saya lakukan saat hati gundah. Setelah menikah, ini sangat diuntungkan untuk siapa saja.

Mencuci Piring

Pernah baca tidak? Mencuci piring bisa mengobati stress dan memperbaiki mood. Saya sudah membuktikannya sendiri. Setiap mood saya jelek. Emosi saya sedang meledak-ledak, saya tidak lantas menjelma menjadi orang baik yang berwudhu’ untuk meredakan marah. Saya akan ke sumur, menecek piring kotor. Mencuci semuanya sampai bersih. Setelah kinclong semua perkakas dapur, hati tenang, baru saya mengikuti saran yang lebih Islami. Berwudhu’ dan menegakkan sholat sunnah atau sholat wajib.

Mencuci Pakaian

Jika hati sedang galau dan kesal berlebihan, saya lebih memilih mencuci pakaian dengan cara manual. Proses menyabun pakaian dan membilas pakaian sangat membantu dalam meredakan dan menenangkan hati saya. Apalagi jika ingin menangis, pelampiasan saya memang mencuci pakaian.

Merapikan Rak Buku

Mungkin ini bukan pekerjaan rumah tangga yang sangat umum dilakukan. Tidak ada kewajiban rumah tangga yang mengharuskan istri memiliki pustaka. Apalagi sampai merapikannya setiap waktu. But, I do. Saya memaksakan diri dan menebalkan kuping ketika suami mengomel panjang lebar dengan jumlah koleksi buku saya yang terus bertambah. Pasalnya, saya dan buku seperti sahabat tak terpisahkan. Menyusun buku satu persatu seperti memberikan energi positif dan menata kembali situasi hati.

Mom, Anda bisa juga mencoba tiga haldi atas untuk menata kembali hati yang resah. Siapa tahu, tiga pekerjaan rumah tangga yang saya sukai juga berpengaruh positif untuk Anda.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *