BP Network

2019 To Do, du du du!

My next five untuk tahun 2019. Apa yang ingin saya lakukan pada tahun 2019?

Bukan resolusi. Hanya sesuatu yang sederhana saja. Mungkin sepele buat orang lain, tapi bagi saya sangat ingin saya lakukan. Setelah dua tahun ini gagal saya lakukan. What it is?

Mengenderai Motor (Lagi)

Yey! Banyak yang tidak percaya jika saya tidak mahir mengenderai sepeda motor. Cenderung tidak bisa. Banyak pula yang tidak tahu jika saya pernah belajar sepeda motor dan mengenderai sepeda motor selama dua hari. Kemudian berhenti cukup lama. Terakhir kali saya mengendarai sepeda motor pada tahun 2012. Sebelum berangkat ke Xiamen, China. Bukan motor matic, motor yang ada giginya itu. Dua tahun ini, saya hanya merekam keinginan di dalam kepala untuk memulai lagi mengenderai motor. Seperti saya tuliskan di artikel sebelumnya, bukan saya banget meminjam barang besar dan berharga jika bukan dalam keadaan kepepet. Semogakeinginan ini tercapai tahun ini.

South East Asia Trip

Ini keinginan yang sudah lama saya inginkan. Keliling negara Asia Tenggara. Keinginan ini juga sudah pernah saya rencanakan bersama dengan salah seorang teman kuliah yang sampai kini masih berteman, Fitrianti Abu Bakar. Sayangnya, rencana tinggal catatan mimpi. Bahkan sampai kami selesai kuliah keliling Asia Tenggara belum terwujud. Padahal waktu yang tepat adalah ketika saya masih berstatus sebagai crazy rich student (baca: mahasiswa berstatus beasiswa). Belum ada tanggungan, tidak terikat izin suami, dan tidak ada yang dipikirkan. Semoga tahun 2019 saya bisa mengunjungi teman-teman saya di negara Asia tenggara lainnya. Minimal tempat touristy yang fotonya wara wiri di Instagram.

PhD Scholarship

Agak neko-neko mungkin. Terlalu tinggi keinginannya. Setidaknya saya bisa mengajukan berkas beasiswa doktoral saya ke negara-negara yang pernah masuk daftar kampus penyedia jurusan jurnalistik. Itu saja sudah cukup. I will try!

Satu Tahun Tiga Jurnal

Ini sejenis kewajiban untuk setiap orang yang bergelut di dunia akademisi. Setiap tahun saya menulis resolusi menulis jurnal. Setahun dua jurnal tanpa melihat status akreditasi kampus. Kali ini sedikit menantang diri sendiri dengan memberanikan untuk mengajukan jurnal berbahasa Inggris dan terakreditasi. Semoga penyakit malas dan kesibukan yang menjadi rutinitas bukan menjadi alasan. I hope so.

Menyelesaikan Tetralogi ‘Berjuang, Bersabar, Bertahan, Bersama’

Tetralogi yang saya tulis draft dan outline di Beijing ini diharapkan dapat terealisasi pada tahun 2019. Jika masih berumur panjang, saya berharap bisa menyelesaikan tetralogi ini segera. Diharapkan juga bisa terbit tahun depan.

Jika masih berumur panjang alias masih hidup tahun depan, itulah lima hal yang ingin saya kerjakan tahun 2019. Bagaimana dengan kamu, Olivers? Apakah kalian punya keinginan yang sama dengan saya?

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *