BP Network

Resolusi Hidup Sehat di Tahun 2019

“Orang miskin dilarang sakit!”

Kalimat ini sangat femiliar di kalangan masyarakat kalangan menengah ke bawah pada tahun-tahun sebelum ada Jaminan Kesehatan di Indonesia. Kesannya biaya pengobatan sangat mahal sekali. Didukung lagi dengan sinetron Indonesia dengan lebaynya memunculkan adegan dimana keluarga miskin harus kabur dari ruang rawat karena tidak sanggup membayar biaya rumah sakit. Tidak hanya itu, bahkan perempuan yang melahirkan sengaja menukar anaknya di rumah sakit agar hidup layak sebelum kabur. Dramatis!

Itulah wajah kesehatan Indonesia. Miris!

Teman saya asal Belgia bertubuh kurus. Sangat kurus. Hobinya Abs Workout selama 10 menit setiap hari. Sebulan dia bisa menghabiskan sampai sepuluh galon air minum. Saya tidak mengerti bagaimana caranya dia menjaga kesehatan. Dari dia, saya belajar jika hidup sehat itu mudah dan tidak mahal. Meskipun pada prakteknya sangat sulit.

Berikut ini adalah lima cara yang saya adopsi dari teman sekamar saya asal Belgia ini untuk hidup sehat. Saya akan terapkan maksimal tahun depan. Cara sederhana super sehat yang saya rangkum sebagai resolusi hidup sehat tahun 2019.

Minum Air Putih

Cara ini memang selalu dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Hidup sehat dengan mengkonsumsi minimal delapan liter air putih sehari. Saya masih sulit sekali menenggak air meskipun hanya setengah liter sehari. Saya baru minum kalau sudah sangat haus. Kalau tidak haus, saya tidak minum. Bahkan tidak ada tuh air dalam tas saya. Saking tidak sehatnya, saya terkadang tidak minum setelah makan atau sebelum makan. Tahun depan, saya ingin memaksimalkan cara hidup sehat dengan minum air putih. Minimal saya bisa meminum empat botol air My Bottle bertutup merah jambu. Ini sudah luar biasa perjuangannya.

Puasa Senin Kamis

Selain beribadah, puasa Senin Kamis adalah salah satu cara untuk diet secara alami. Kebanyakan orang yang melakukan Senin Kamis memang hidup lebih sehat, jauh dari penyakit, dan kurus. Target saya tetap bisa langsing sampai menyapih anak. Memang agak mustahil, tapi dengan puasa Senin Kamis saya yakin bisa memulai dengan hidup sehat sampai akhir hayat. Insyaallah!

Greenyvora

Istilah greenyvora mmemang tidak ada dalam kamus. Saya menyebut diri saya greenyvora di antara para pemakan dominan daging. Ya, karena hanya saya yang menikmati makan sayur ketika ngumpul di rumah suami. Ke depan, saya ingin kembali makan sayur senikmat menikmati daging merah. Agar hidup lebih sehat dan badan terasa ringan. Teman saya asal Pakistan pernah berkata, “Something green is always better.”

10 Minutes Abs Workout

Saya tidak menjamin bisa konsisten melakukan abs workout ini. Setidaknya resolusi ini akan mendorong saya untuk berolahraga. Mengingat sekarang saya punya seorang bayi yang tidak mungkin saya tinggalkan untuk melakukan jogging keliling lapangan bola. Melakukan abs workout jauh lebih baik.

Hindari Junk Food

Ini yang sangat sulit dihindari. Enak, tapi tidak sehat. Mengurangi konsumsi junkfood adalah salah satu cara untuk hidup sehat. Tahun 2019, hidup sehat dengan minim junkfood!

Dengan menuliskannya di sini, saya berkomitmen untuk mengikuti dan berusaha untuk menikmati hidup sehat yang sudah saya rencanakan. Ada yang mau ikutan?

Author, journalist and student in the real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at Islamic University of Ar-Raniry, Banda Aceh. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *