Bookish,  BP Network

5 Rekomendasi Buku dan Musik Untuk Hidup Lebih Hidup

Tidak terasa sudah sepuluh hari melalui tantangan dari Blogger Perempuan Network. Meskipun keanggotaan saya masih menggantung, saya tetap konsisten menulis sampai hari ini. Semoga bisa bertahan sampai akhir bulan. Tiga puluh hari ke depan. Semoga saja. Konsistensi itu berat, biar kami para blogger saja yang merasakan. Kalian pembaca cukup menikmati kegalauan kami saja.

Bagi saya, buku dan musik adalah sahabat. Walaupun jarang sekali saya membaca buku sambil menikmati musik. Meskipun demikian, saya selalu mendownload lagu-lagu rekomendasi dari penulis dari novel tertentu untuk dimasukkan ke dalam playlist sebelum membaca. Jangan tanya soal mendengarkan sambil membaca. Biasanya saya mendengar semua lagu itu saat cuci piring atau mandi.

Kali ini saya hanya merekomendasikan buku baru sepanjang tahun 2018 yang saya baca saja untuk para Olivers. Buku apa saja yang layak dibaca sesuai dengan rekomendasi saya? Berikut judulnya.

  1. Harry Potter (JK. Rowling) bisa saya katakan sebagai buku rekomendasi sepanjang tahun. Setiap tahun saya akan merekomendasikan buku yang sama untuk pembaca. Ini novel fantasi yang sangat bagus sekali tentang arti sahabat, keluarga, pengorbanan, dan cinta.
  2. Twenty Thousand Leagues Under the Sea (Jules Verne) terbitan Elex Media merupakan satu dari deretan World Library Series. Ini jenis novel klasik. Mendayu dan membosankan di awal bacaan. Tapi penuh kejutan dan sangat menyenangkan sampai ke pengenalan konflik sampai akhir.
  3. Hijrah Sakinah (Hanny Dewanti) bagi saya seperti kamus mini pernikahan. Banyak informasi, tips, nasehat dan problem solving methode terungkap di buku ini. Ini buku nonfiksi yang tidak tebal. Jika pelahap non fiksi, selesai lah sekali duduk.
  4. Write Me His Story (Ary Nilandari) adalah teenlit ketiga yang saya baca selama tahun 201i setelah Near (Citra Novy) dan Aerial (Sitta Karina). Saya suka sekali WMHS. Keren dan tidak berasa remaja. Saya yang sudah berusia kepala tiga ini merasa remaja kembali. Tidak menempatkan diri di sisi remaja, tetapi saya seperti ditarik masuk berada di antara tiga tokoh utama; Hya, Wynn, dan Wynter.
  5. The Puppeteer (Jonstein Gaarder) adalah novel filsafat yang ditulis oleh penulis buku best seller Dunia Sophie. Buku ini bercerita tentang kesendirian dan kebutuhan sosialisasi. Katanya lagi, ini buku terbagus dari Jonstein Gaarder. Recommended!

Selain buku, ada beberapa kelompok musik yang asyik untuk mengiringi membaca. Ini versi saya. Mungkin saja selera kita sama. Bolehlah kita berbagi. Berikut kelompok musik yang 99% lagunya pasti saya sukai.

  1. Sheila On 7, ini grup band favorit sejak zaman SMP. Saat tahu tahun ini mereka mengeluarkan single terbaru dengan judul Film Favorit, kecintaan saya bertambah lagi. Saya kembali menjadi Sheila Gank tanpa ada yang memaksa. Semua lagu Sheila On 7 kembali mengisi playlist ponsel saya untuk menemani menulis dan sekedar membaca buku. Semua lagu Sheila On 7 bisa mewakili sebagai soundtrack cerpen atau novel yang saya tuliskan.
  2. Nidji mungkin masih dianggap musiknya anak muda sekarang yang ngehits. Saya suka lagu-lagu mereka yang terdengar selalu ceria. Asyik banget untuk menemani saya selama dalam perjalanan sambil baca buku.
  3. Coldplay juga grup musik barat yang lagunya sangat menawan telinga. Saya suka.
  4. Owl City juga koleksi lagunya selalu bisa memberikan inspirasi lebih selama saya bekerja dan menulis. Tidak ada yang saya lewatkan. Pasti semuanya masuk playlist.
  5. The Corrs adalah my auto playlist. Bagaimana pun selama proses menulis, membaca, dan melakukan perjalanan, lagu ini selalu ada. Always!

Bagaimana dengan Anda?

Apakah ada di antara buku rekomendasi saya yang sudah Anda baca atau juga Anda rekomendasikan untuk pembaca lainnya? Bagaimana dengan musiknya? Ada yang samaan nggak?

Author, journalist and student in the real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at Islamic University of Ar-Raniry, Banda Aceh. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *