BP Network

Olive is Me

Dear Olivers,

Blog saya sempat terjadi kejanggalan selama tiga hari ini. Akibatnya saya tidak memenuhi tugas dari Blogger Perempuan untuk mengisi ontime beberapa tema. Rasanya itu kesal habis. Argh!! Kenapa mesti di saat seperti ini, sih. Itulah yang terus terbayang-bayang. Saya juga sempat mengisi di blog sebelah. Nggak tanggun-tanggung, Olivers. Saya ulangi dari postingan hari pertama. Tapi yang namanya udah berumah di sini, udah beli lapak sendiri mesipun sangat sederhana, tetap saja feel itu beda, ya.

Sempat menghubungi hostingnya dan mendapat pencerahan. Blog baru terperbaiki tadi pagi. Hari Minggu, harusnya punya waktu lebih banyak untuk ngeblog. Cuap-cuap bahas apa saja sesuai tema sekalian nyelipin apa saja tentang buku. Ternyata nggak bisa, Olivers. Saya harus menyelesaikan pekerjaan emak-emak dan mengikuti drama anak yang berusia delapan bulan.

Anyway, lupakan persoalan drama yang tidak terlupakan ini. Mulai dari si anak sampai blog yang diblokir. Fokus kepada tema hari ketiga, ‘Kenapa Memilih Nama Blog yang Sekarang Digunakan.’

[*]

Well, berbicara soal nama memang persoalan gampang-gampang susah. Saya salah satu orang yang sedikit ribet dengan urusan nama. Maunya nama yang susah sedikit aneh. Tapi gampang diingat. Bagaimana pula ini, kan?! Aneh memang. Pernah juga galau memberi nama alamat blog, antara memberi oliverial atau Ulfa Khairina. Rasanya kok sayang, ya, udah ada domain sendiri namanya Ulfa Khairina. Sampai akhirnya seorang teman membuka mata saya.

Dia berkata begini, “Say, setahuku domain pribadi itu kan persoalan branding, ya. Kenapa kamu nggak pakai nama Ulfa Khairina saja, sih. Secara dirimu juga penulis. Jadi semua pembaca akan terkoneksi dengan dirimu secara online juga. Memang iya, orang juga tahu Oliverial, tapi kan lebih gimana gitu kalau Ulfa Khairina.”

Lama saya terpekur dengan kalimat teman saya ini. Dia benar, tapi saya ingin menamai dengan yang lainnya. Dia yang sadar dengan keraguan saya justru menambahkan, “Cobalah, say, dipikirkan saja dulu. Dirimu kan bisa menambahkan kategori atau pages untuk nama Oliverial, Connected Olive, atau apa saja yang berkaitan dengan nama lama itu. Ingat, branding, say, branding.”

Ya. Ini juga persoalan self marketing. Jual diri.

Pada tanggal 17 Oktober 2017, resmilah saya mendapatkan blog dengan nama Ulfa Khairina. Halaman ini. Tujuannya satu, personal branding. Sebagai penulis, saya harus punya sesuatu yang bisa ditunjukkan kepada pembaca. Profesionalitas.

Sebulan lebih kemudian, 27 November 2017, nama blog berganti lagi. Kali ini Redaksi Oliverial. Karena semua tema saya masukkan ke dalam blog seperti gado-gado. Tujuan saya saat itu membuat majalah online. Media online. Sekaligus mendokumentasikan semua tulisan yang sudah dipublikasikan di media komersil.

Awal tahun 201i, kata ‘redaksi’ dibuang dan tersisa oliverial. Lebih elegan. Lebih Ulfa Khairina. Pokoknya di mata saya sudah muncul lebih lebih yang lain. Ada beberapa alasan mengapa memakai kata Oliverial sebagai nama blog.

Olive by Olivia

Secara tidak langsung saya memakai nama Olivia di beberapa artikel. Termasuk dalam buku yang menggunakan diri saya sendiri sebagai tokoh cerita, Olivia Ailinna. Di Beijing saya juga disapa dengan nama Olivia. Olive adalah singkatan dari kata Olivia. Menunjukkan alasan bahwa Olive ini diisi oleh Olivia.

Editorial

Jika Anda pernah belajar jurnalistik atau seorang wartawan, tentu tidak asing dengan istilah editorial, bukan? Ediorial adalah artikel di sebuah halaman surat kabar yang menyajikan suatu isu. Biasanya ditulis oleh redaksi untuk mengemukakan pendapat surat kabar. Sudut pandang surat kabar terhadap suatu isu. Tidak ada by line atau nama penulis. Nah, dalam oliverial ini juga demikian. Apa yang saya tulis berdasarkan sudut pandang saya. Hasil brainstorming dan pengamatan serta pengalaman saya selaku penulis.

Oliverial is…

Paduan antara Oliverial dan editorial ini melahirkan oliverial. Pandangan Olivia terhadap suatu isu yang berkembangan di blognya. Catat! Di blog, bukan di masyarakat. Itu mengapa tema blog ini lebih fokus kepada dua isu utama saja. Traveliner and book. Bukan penganut aliran randomisme lagi. Jika Anda menemukan kategori OW-Project, ini hanyalah program dari Oliverial. Oliverial Writing (OW) Project merupakan wadah sampingan dari Oliverial untuk membina anak-anak muda dalam kegiatan sadar literasi. Tulisan mereka dipublikasikan di sini dan kelas menulisnya dilakukan secara online dan offline.

Itulah alasan mengapa saya menggunakan nama Oliverial sebagai nama blog untuk domain Ulfa Khairina. Menurut teman-teman semua, apakah kata Oliverial enak didengar dan mudah diucapkan? Berikan komentarmu, ya. Agar blog ini terus berbenah.

Terima kasih. Happy Reading! Salam literasi.

Author, journalist and student in the real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at Islamic University of Ar-Raniry, Banda Aceh. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *