"You are Connecting To My Words"

Mengganti Sampul Buku Rusak Ala Vintage

Mengganti Sampul Buku Rusak Ala Vintage

Jika sedang beberes buku di perpustakaan pribadi, tentu kita akan menemukan beberapa buku tua yang sudah rusak. Baik sampulnya dimakan rayap ataupun rusak terkena air. Kondisi buku yang tidak bisa diselamatkan terkadang mendorong hati berbuat tega. Membuang buku tersebut.  Apalagi buku tua.

Eits!

Jangan terburu-buru mengambil keputusan. Buku-buku tua yang ada di koleksi kita sebenarnya berpotensi menjadi buku langka. Hari ini atau nanti. Jika kita juga seorang penulis,buku-buku tua itu bisa menjadi rujukan untuk melahirkan karya baru. Buku-buku itu lebih baik diselamatkan dengan cara elegan.

Lalu, bagaimana cara penyelamatannya?

Sortir Buku

Pilihlah buku-buku yang akan diperbaiki berdasarkan tingkat kerusakannya. Kerusakan sampul, kerusakan halaman, dan kerusakan lainnya.

Perbaiki Bagian Rusak

Sampul yang sudah lapuk tentu tidak bisa dibiarkan lama-lama. Ubah sampul buku menjadi hard cover dengan menambahkan karton tipis di sampul buku. Terutama sampul buku yang rusak. Rekatkan dengan lem agar permanen.

Untuk halaman yang tercopot tinggal dijahit aau direkatkan kembali. Jika ingin praktis dan tidak ada waktu untuk bekerja, bawa saja ke percetakan. Minta mereka untuk membuat hard cover dan menyatukan kembali halaman yang copot.

Sampul

Bagian inilah yang mempercantik buku. Di bagian ini juga yang akan memperlihatkan buku seperti apa kelihatannya nanti. Para bookish boleh banget memilih sampul untuk menentukan new look buku yang tadinya rusak. Baik itu disampul dengan kertas koran, kertas HVS warna, kertas daur ulang, atau kertas pembungkus kado.

Saya lebih suka menyampul ulang buku-buku dengan kertas koran atau kertas pembungkus kado. Motifnya bunga-bunga atau batik. Terkesan lebih vintage. Jika menyampul dengan kertas polos berwarna, saya suka menambahkan asesoris berupa bunga-bunga kering untuk mempercantik.

Setelah buku ini disampul cantik, jangan lupa disampul dengan plastik mika. Sampul plastik akan melindungi dan menjaga buku lebih awet. Ketika dipajang juga lebih keren. Ada pantulan kilau lampunya.

Tidak sulit, bukan?!

Untuk memperbaharui buku tua lebih bagus, hanya perlu mengikuti tiga langkah di atas saja.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *