Bookish

Membuat Bookmark Dari Kertas Kado Bekas

Pernah membeli buku tapi tidak disisipkan bookmark (pembatas buku)?

Rasanya agak gimana, ya?! Terutama jika membeli buku asing dan buku bajakan. Pasti tidak disisipkan bookmark. Biasanya saya akan membuat bookmark dengan memanfaatkan barang yang ada. Mulai dari struk ATM yang dilipat, brand tag dari baju baru, kartu pos, amplop bekas, foto, sampai kertas kado.

Kertas kado adalah barang favorit yang saya pilih sebagai bookmark. Sejak Sekolah Dasar. Asal ada kertas kado bekas yang cakep, enak dilihat di mata, pasti akan saya alih fungsikan sebagai pembatas buku.

Kebetulan atau pun disengaja, hidup kita pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya kado. Baik itu yang diberikan oleh orang lain atau sisa pemberian untuk orang lain. Dua-duanya bisa dimanfaatkan, kok.

Kertas kado tanpa nama pemberi akan saya sortir terlebih dahulu. Sesuai dengan motifnya. Kertas kado tanpa nama akan saya gunakan untuk sampul buku. Bagian paling oke adalah menggunting bagian nama dan mengambil sisanya yang serba tanggung sebagai pembatas buku.

Jika kertas kado bertuliskan nama dengan ukuran besar, tentu sedikit aneh jika diselipkan sebagai pembatas buku.

Memiliki pembatas buku dari kertas kado dalam jumlah banyak bisa membantu kita untuk menandai halaman favorit. Misalnya ada halaman yang memuat kutipan bagus. Jika sayang ditandai dengan warna, tidak ingin dilipat, tentu saja pembatas buku adalah benda wajib yang harus dimiliki dalam jumlah banyak. Saya pikir, tidak masalah punya sampai ratusan. Pembatas buku juga bisa dihadiahkan kepada orang lain.

Jika kebetulan meminjam buku dari teman dengan buku tanpa pembatas. Selipkan saja satu atau tiga pembatas di beberapa halaman. Sebagai bentuk terima kasih telah meminjamkan buku dan bukti jika kita menjaga buku yang dia pinjamkan.

Terinspirasi untuk membuat bookmark sendiri tanpa harus membeli? Manfaatkan momen pesta atau kado dadakan dari orang-orang terdekat.

Author, journalist and student in the real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at Islamic University of Ar-Raniry, Banda Aceh. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *