Bibliolive

Life of Pi; Bersahabat dengan Harimau Bengala

Pernah nonton film ‘Life of Pi’? Itu, lho… Kisah seorang lelaki India yang terjebak dengan harimau di tengah laut. Katanya berdasarkan kisah nyata. Film ini juga diadaptasi dari novel berjudul sama karya Yann Martel.

Judul Buku: Life of Pi • Penulis: Yann Martell • Penerbit: Gramedia (Jakarta: Cet. 7, 2013) • Tebal: 448 halaman • ISBN: 978-979-22-8900-8

Pada tanggal 21 Juni 1977, kapal barang tsimtsum berlayar dari Madras menuju Canada. Pada tanggal 2 Juli , kapal itu tenggelam di Samudra Pasifik. Hanya satu sekoci berhasil diturunkan, membawa penumpang seekor hyena, seekor zebra yang kakinya patah, seekor orang utqn betina, seekor harimau Royal Bengal seberat 225 kilogram, dan Pi-anak lelaki India berusaha 16 tahun.

Selama lebih tujuh bulan sekoci itu terombang ambing di Samudra Pasifik yang biru dan ganas. Di Samudra inilah sebagian kisah Pi berlangsung. Kisah yang luar biasa, penuh kejaiban, dan seperti ucapan salah satu tokoh di dalamnya, kisah ini akan membuat orang percaya pada Tuhan.

Secara pribadi, ada beberapa komentar dan pengalaman pribadi yang saya alami selama membaca Life of Pi.

Petualangan Pi dimulai ketika seorang penulis yang kehabisan ide cerita berkunjung ke India untuk menulis bukunya. Di sebuah kedai dia bertemu dengan seseorang menuturkan kisah Pi kepadanya.

Diceritakan bagaimana Pi yang bernama aneh selalu mendapat olok-olok dari temannya. Kemudian pemaksaan berenang yang selalu diajarkan. Juga tiga keyakinan yang dianut dan dijalani prakteknya oleh Pi. Sampai ketika dia mereka pindah ke Kanada dengan tujuan hidup yang lebih baik.

Pi memiliki kebun binatang yang mengoleksi berbagai jenis binatang. Termasuk binatang buas yang sejenis harimau Bengala. Namanya Richard Parker. Harimau ini lah yang kemudian menjadi teman seperjalanannya saat terombang ambing di tengah laut dan usahanya menemukan daratan selama tujuh bulan.

Berbagai petualangan dan suka duka dihadapi bersama Richard Parker. Termasuk terjebak di pulau kosong pemangsa makhluk hidup. Ketika menemukan daratan, Richard Parker meninggalkannya. Bahkan tidak menoleh sekalipun kepada Pi.

Kisah Pi diceritakan dengan alur campuran dengan komposisi 90:10. 90% untuk kisah Pi dan 10% bagian Yann Martel.

Kali ini saya membaca versi terjrmahan. Lumayan lama dalam menyelesaikan novel ini. Selain bahasanya sangat formal dan tidak luwes, dialog dalam buku ini sedikit.

Meskipun saya menamatkan novel ini dalam waktu yang lama. Saya akui buku ini cukup bagus. Sayangnya, saya mendapatkan edisi cover film, bukan versi cover buku.

Tertarik membacanya? Jika belum, saya akan membahas beberapa alasan mengapa novel ini layak dibaca dan dikoleksi di rak bukumu.

Dibandingkan dengan novel terjemahan lainnya, ini adalah novel terjemahan best seller yang sedikit lama proses membacanya. Terkadang saya baca setiap hari sekitar lima bab. Lalu saya tinggalkan dan abaikan sekitar dua sampai lima hari. Begitu terus sampai tamat.

Biasanya setengah bab tetakhir, saya tidak bisa berhenti membaca. Berbeda dengan novel ini. Tidak ada perubahan yang signifikan. Tetap sama dari awal sampai akhir.

Meski tidak seberat novel karya Jostein Garder atau Paulo Coelhe atau Dan Brown, terjemahan novel Yann Martel yang bikin berat pembacanya. Tapi ada beberapa alasan kenapa Anda harus baca novel Yann Martel ini.

√ Novel bagus dan pilihan best seller New York Times. Ditulis berdasarkan kisah nyata.

√ Sudah diadaptasi ke film dengan judul yang sama. Jadi bisa membayangkan dan membandingkan antara film dan bukunya sekaligus.

√ Ada beberapa tips bertahan di lautan dan melawan kesepian. Bisa dipraktekkan sehari-hari.

√ Tepat dipilih untuk yang tidak suka membaca buku tebal. Tapi ingin memulai. Babnya pendek-pendek, mudah diatur untuk dibaca setiap hari.

 

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *