"You are Connecting To My Words"

Ngontrak Untuk Kawin?!

Ngontrak Untuk Kawin?!

Judul Buku : Celebrity Wedding
Pengarang : aliAzaleaa
Penerbit : Gramedia (Jakarta, 2014)
ISBN : 978-602-03-0156-3

“…. Bagaimana kamu bisa memberikan sesuatu yang kamu bahkan tidak mengerti artinya, atau mampu menghargainya.” –hal. 310.

SEORANG ARTIS terkenal, seorang auditor. Keduanya harus terlibat dalam satu kontrak yang menggemparkan Indonesia. Tapi jika hanya Indonesia tahu. Tapi kenyataannya kontrak itu hanya diketahui oleh Ravel dan Inara. Keduanya menandatangikawin kontrak untuk menyelamatkan status masing-masing.

Ravel yang tiba-tiba harus dihujat Indonesia atas perilaku yang tidak dilakukannya terpikir untuk menyetujui ide konyol ini. Apalagi yang bisa dia lakukan untuk menyelamatkan karir?

Luna hamil di luar nikah dan itu bukan anaknya. Sementara semua semua tur yang direncanakan nyaris batal.

Ina lelah dengan aturan-aturan yang dibuat keluarga terkait hidupnya. Sementara usianya sudah 32 tahun. Ini bukan soal uang yang dijanjikan oleh pihak Ravel. Ini persoalan dia harus meyakinkan keluarganya bahwa ia bisa membuat keputusan yang tepat.

Sebagai sepasang suami istri yang tinggal di bawah atap yang sama, bagaimana bisa mereka tidak saling jatuh cinta. Meskipun mereka tidak saling mengakui perasaan masing-masing. Tapi pelanggaran yang mereka lakukan pada aturan tertulis membuktikan bahwa cinta tumbuh karena bersama.

Karir Ravel melejit, Ina dipuja oleh fans Ravel. Tapi… Luna yang sudah melahirkan kembali ke Indonesia dan mengambil kesempatan untuk mendapatkan perhatian Ravel karena ayah dari anaknya tidak pernah mau mengakui anaknya sendiri.

Ravel kembali diguncang gosip. Dia kembali dikejar-kejar wartawan. Ina, merasa dikhianati dan berusaha tidak terpengaruh. Tapi tidak bisa, dia sudah terlanjur menganggap dirinya bodoh. Tidak peka terhadap jebakan Ravel untuk keuntungan dirinya sendiri. lebih mengejutkan lagi, Ravel tidak mencabut kontrak pernikahan mereka.

*

Sepintas, kisah Ravel dan Ina mirip kisah kawin kontrak drama Full House, drama Korea yang sempat tenar pada tahun 2000an. Kisah serupa memang banyak dikemas dalam bentuk film ataupun novel dengan sudut pandang berbeda-beda. Celebrity Wedding adalah satu dari banyaknya tema yang sama.

Banyak hal yang menyebabkan kawin kontrak terjadi, sebut saja himpitan ekonomi, status dan eksistensi diri. aliAzalea memilih soal eksistensi diri, karena sedikit pun ia tidak menyebut perkara uang. Ina, sebagai objek yang dikontrak dalamkisah ini mempunyai kondisi finansial yang baik. Ravel, pihak yang mengontrak, tentu saja artis sukses yang uangnya melimpah.
Fenomena di masyarakat tentang kawin kontrak atas dasar keuntungan sebelah pihak tidak digambarkan dalam kisah ini. Bahkan pelanggaran yang dilakukan selama kontrak didasarkan atas dasar keduanya sudah saling jatuh cinta. Keduanya memang sudah menjadi pasangan suami istri yang sah.

Kawin kontrak membuka mata kita untuk melihat realitas sosial lebih lebar. Tidak ada masalah yang tidak bisa diselaikan. Tidak ada masalah besar tanpa masalah baru. kontrak yang ditandatangani oleh Ravel dan Ina adalah masalah besar yang mereka ciptakan untuk menambah masalah baru muncul di kemudian hari, yaitu ketika keduanya berkomitmen untuk menjadi sepasang suami istri sebenarnya dan saling cinta.

Ada yang menarik dari novel ini. Pesan moral tentang arti kepercayaan. Karena manusia ada rasa takut berlebihan terhadaporang yang disayanginya. Rasa takut berlebihan ini kemudian berubah menjadi rasa tidak percaya untuk membagi hal yang paling penting kepada pasangannya.

aliAzalea menggambarkan tiap konflik perasaan Ravel dan Ina dengan apik. Blak blakan dan jujur. Ia tidak malu-malu untuk menjabarkan si tokoh dan gejolak jiwanya. Inilah yang menjadikan cerita Celebrity Wedding lebih menarik dan mengalir.

Mungkin sudah ciri khas pada tahun 2014 desain sampul tiap novel terbitan Gramedia itu sederhana dan berwarna soft. Celebrity Wedding juga mempunyai kekhasan yang sama. Berwarna pink dengan ilustrasi kue tart putih dengan hiasan biru muda.
Novel ini masuk katagori metropop, yaitu menceritakan kehidupan wanita muda dan lika liku di kota besar. rekomendasi bagi pembaca yang ingin tahu lika liku wanita karir dan polemic hati mereka.

Dan tentu saja, tidak ada gading yang tak retak. Meskipun Bahasa yang mengalir dan kisah yang menarik. Tulisan yang terlalu kecil menjadi masalah utama dalam menyelesaikan novel setebal 320 halaman ini. But, everything is allright!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *