Bibliolive

Ketika Cinta Bertemu di Daratan

Di manapun, di belahan bumi Indonesia, menjadi single di usia 26 tahun adalah status hidup yang tidak nyaman. Bukan saja dipertanyakan, dijodoh-jodohkan, tapi juga dianggap memiliki kriteria terlalu tinggi. Padahal tidak selamanya ketika seseorang masih berposisi sendiri bermakna dia pemilih. There are so many untold story behind.

Hal ini juga terjadi pada Elyta. Seorang pegawai Asia Pacific Bank yang masih jomblo di usia melewati seperempat abad. Berbagai usaha juga dilakukan untuk menjodohkan dia dengan kenalan keluarganya.

Di saat yang sama, dia bertemu dengan Radit. Lelaki heartaking yang bisa membuat hatinya mencair dan bergetar. Di waktu yang lain, abang-abangnya masih saja menjodohkannya dengan lelaki lain. Elyta dengan segala mess-makernya terus mengalami kesialan. Termasuk harus berebutan meja dengan seseorang di rumah makan Candra Kirana.

Sebelum hubungan mereka mulus-mulus saja, blackberry Elyta jatuh dan rusak. Dia terputus komunikasi dengan cowok yang membantu dirinya tanpa diminta. Dia mencoba mencari tahu segala hal tentang Ardian, pilot yang menolongnya dalam kesulitan itu. Tapi nihil. Sampai dia harus berhadapan kenyataan sulit dengan Radit. Lelaki lulusan Inggris yang sempat dia pikir akan menjadi pendampingnya di masa depan.

Elyta terus mencari Ardian dan berharap tidak melewatkan kesempatan berbicara dengan Ardian. Sulit. Elyta tidak mendapatkan informasi apapun.

Ardian melakukan hal yang sama. Bukan karena dia tertarik pada Elyta. Dia hanya penasaran dengan respon terakhir pesan BBM yang dikirim tanpa alasan. Di saat yang sama, Ardian bertemu dengan perempuan yang sangat mirip dengannya. Seorang pramugari baru di Indonesian Airbridge bernama Mawar.

Hubungan dengan Mawar berlangsung mulus-mulus saja. Tidak ada pertengkaran. Bahkan orang-orang memuji Mawar yang sempurna. Saat Ardian mulai terusik dengan perasaannya, jawaban terungkap. Pesawat yang dipiloti oleh Ardian dibajak oleh mantan kekasih Mawar yang juga mantan pilot.

Dari peristiwa ini Ardian sadar bahwa Mawar bukan perempuan sempurna untuknya. Kesempurnaan yang dipikir oleh Ardian harus sesuai dengan cek lis yang dibuat bukanlah kesempurnaan. Perlahan dia mulai sadar. Kehadiran Elyta memang untuk melengkapu hidupnya. Elita sebagai pembuat kekacauan dan Ardian sebagai pembersih. Itulah yang dinamakan melengkapi. Sempurna.

Ardian dan Elyta terpikir untuk datang ke Candra Kirana. Tempat pertama kali mereka bertemu. Di sana mereka bertemu. Elyta memberi jawaban atas pertanyaan Ardian berbulan-bulan lalu.

Ada dua bagian cerita dalam novel To The Sky. Ditulis oleh dua orang berbeda. Elyta ditulis oleh Nina Ardianti dan Ardian ditulis oleh Moemoe Rizal. Kedua bagian ini menjawab pertanyaan sisi satu dengan sisi lainnya. Pandangan dari satu sisi berbeda.

Dari sisi Elyta pembaca diantarkan mengenal kehidupan karyawan bank yang sulit ditebak. Dari sisi Ardian pembaca dikenalkan dengan kehidupan glamor pramugari dan pilot. Seperti begitu mudahnya seorang Ardian mengeluarkan 1200 dolar Amerika untuk membeli tas ori untuk sahabatnya dan 1100 dolar Amerika untuk kalung yang dihadiahkan kepada Mawar.

Bahasa keduanya dalam bertutur di novel ini mengalir. Ada bagian-bagian yang ditulis mereka mengundang tawa. Penjelasan istilah awam tentang bankir dan penerbangan menambah wawasan pembaca. Sayangnya ilustrasi sampul novel ini tidak menarik. Meskipun tidak akan dibuat jatuh cinta pada pandangan pertama, pembaca akan jatuh cinta pada bab pertama.

Novel ini merupakan satu dari novel duet terbitan Gagas Media yang patut masuk rak koleksi.

 

Data Buku

Judul Buku: Fly To the Sky || Penulis: Nina Ardianti & Moemoe Rizal || Penerbit : Gagas Media (Jakarta: 2012) || Tebal : viii+360 halaman || ISBN : 979-780-555-7

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *