Bibliolive

Perjalanan Cinta Sepasang Alkemis

Judul : Harmoni []  Pengarang : Wulan Dewatra & Ollie [] Penerbit : Gagas Media [] Tempat Terbit : Jakarta (2012) [] ISBN :979-780-559-x [] Tebal : viii + 276 halaman

Pengarang Alkemis, Paulo Coelhe, tidak hanya populer dengan karyanya dan beberapa buku lain yang menjadi mega bestseller dunia. Kisahnya juga hidup dan menuntun seseorang untuk melakukan sesuatu dalam menggapai mimpinya. Tentu saja, tidak ada yang tak mungkin dalam meraih mimpinya. Ini juga berlaku bagi seseorang yang mencoba menggapai mimpi untuk meraih cintanya.


Berkisah tentang dua orang pesakit cinta, Ryan dan Lili dipertemukan di sebuah kafe buku. Bagi Lili, ia mendapatkan tempat untuk bekerja dengan nyaman sebagai penulis. Sementara bagi Rey, inilah satu-satunya tempat yang tidak memiliki kenangan dengan mantan pacarnya. Sebuah buku yang tertinggal di kafe tersebut kemudian mendorongnya untuk berkenalan dengan seorang perempuan cantik pelanggan kafe itu. Tapi siapa yang menduga kalau perkenalan itu mengharuskannya untuk jatuh cinta kepada Alkemis, sebuah novel yang ditulis oleh Paulo Coelho, penulis favorit Lili.

Perlahan Ryan mulai menikmati lembaran buku Alkemis, ia mulai menikmati membaca. Padahal dia sama sekali tidak menyukai kegiatan ini. Ia benci sekali. Lili membuatnya bertahan dari kantuk untuk tidak berhenti mencoba bertahan sampai buku alkemis tamat. Ini juga menjadi alasan Ryan untuk dekat dengan Lili setiap harinya.

Kebersamaan mereka semakin membat dekat. Ryan mulai berani mengajak Lili untuk jalan-jalan, keluar menikmati suasana baru. Memperkenalkan sisi menariknya Ryan yang tidak pernah dia ungkapkan kepada siapapun, bermain musik dan peduli terhadap lingkungan sosial. Di saat yang sama ketika Lili terpesona dengan Ryan, saat itu pula Javier muncul kembali di kehidupannya. Lili tidak bisa menolak Javier, ia juga tidak bisa membiarkan Ryan pergi dari hidupnya.

Rasa ego setelah cemburu hadir mengubah hidup Ryan untuk serius mengejar mimpinya dan Lili. Hidup lebih indah, lebih menarik dan lebih menantang. Lili membuat keputusan untuk menolak Javier kembali, Ryan mulai membuka bakatnya di YouTube sebagai penyanyi. Cerita itu dirangkum dalam episode “Coelho & Us”

Ada dua bagian dalam satu novel. Coelho & Us dan Sang Angkuli. Keduanya terangkum dalam novel duet penerbit Gagas Media berjudul Harmoni. Keharmonisan yang akan ditemukan di dalam perbedaan. Itulah inti dari kedua kisah yang terangkum dalam novel Harmoni.

Ada banyak cerita manis dilengkapi dengan pembukaan bab yang apik bersama kutipan Paulo Coelho di dalamnya. Kisah mengalir dan nyata. Penokohan digambarkan dengan apik. Tidak ada tokoh yang sempurna. Karena memang hidup harus saling melengkapi untuk mencapai kesempurnaan.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *