Bibliolive

Cerita Lain Selain Cantik Atau Pintar

Judul Buku  : Impossible

Penulis      : Nina Ardianti

Penerbit    : Gagas Media (Jakarta: 2012)

Tebal        : vii+294 halaman

ISBN        : 978-979-780-457-2

…. Aku tak akan memiih menjadi cantik maupun pintar. Aku lebih ingin ditakuti. Aku ingin jadi alasan seseorang meragukan kualitas di dalam dirinya. Aku ingin semua mata terarah kepadaku. Hanya orang yang disegani yang menjadi poros dunia di sekelilingnya…

Kutipan di atas seperti dituliskan oleh seorang perempuan yang tidak bersyukur. Itu menurut pendapat kebanyakan orang yang tidak memiliki keduanya atau hanya memiliki salah satunya. Perempuan mana yang tidak ingin terlahir sempurna? Memiliki kecantikan dan kepintaran, memiliki banyak pengagum, kakak laki-laki yang baik hati, anak dari dua orang ternama serta kekayaan? Sepertinya ini adalah paket lengkap yang ingin dimiliki oleh setiap perempuan. Siapa yang tidak mau?

Anatastasia adalah cewek yang cukup sempurna. Memiliki kecantikan yang diwariskan oleh mamanya. Memiliki kecerdasan di atas rata-rata seperti yang diwariskan oleh papanya. Di Voltaire International School (VIS), ia menjadi bintang. Selain aktif dalam kelompok sepak bola cewek, ia juga tergabung dengan sebuah clique Tiara dan Farah yang populer. Siapa yang tidak kenal Nasta?

Menjadi terkenal dan diobsesikan oleh dua cowok super keren dan tajir di sekolah juga impian hampir semua cewek. Hampir semua cewek di VIS menginginkannya. Punya orang tua kaya dan terkenal. Apalagi? Siapa yang tidak mau.

Nasta tidak menginginkannya. Ia menginginkan hidup yang normal tanpa ada kontrol mamanya yang selalu mengajak di setiap acara. Ia tidak ingin papanya memberikan les ini itu untuk persiapan. Nasta tidak butuh popularitas yang membawanya ke kehidupan sosialita tak berguna. Ia juga tidak butuh les ini itu yang menempatkannya seperti orang bodoh. Di sekolah, Nasta kandidat The Best Student of Voltaire. Itu saja cukup untuk membuktikan bahwa Nasta cukup cerdas.

Masalah Nasta dengan orang tua yang dictator untuk memersiapkan masa depannya saja tidak cukup. Kedekatannya dengan Kafka, pelatih sepak bola di sekolah malah membawa masalah baru. Tumpukan foto yang meneror dirinya seolah-olah menjadi boomerang untuk menekan hidupnya. Apalagi kondisi di rumahnya yang selalu memaksa.

Nasta pernah kabur ke Bandung, ke tempat abangnya berada. Hanya untuk menangis sejenak. Keduanya berangkat ke Jakarta kembali. Tanpa disangka, Nanza yang bandel dan selalu membantah kedua orang tuanya bisa melunakkan semua aturan yang diterapkan oleh kedua orang tuanya. Larangan bermain sepak bola yang menjadi ‘haram’ buat Nasta sudah diubah hukumnya.

Kehadiran Aldrian yang tiba-tiba dekat Voltaire membantu Nasta untuk melihat hidup di luar VIS dan golongan orang kaya. Al juga menjadi pelindung dan seseorang yang ada di saat Nasta sedang dihadapi oleh masalah-masalah yang sangat pelik. Termasuk orang yang membantu memecahkan masalah terror foto.

Impossible bercerita tentang kehidupan Nasta, remaja sekolah elit yang umumnya hanya dimasuki oleh orang-orang kelas atas. Selain bagian dari seri The Glam Girls, membaca novel impossible memberikan warna berbeda di antara bacaan remaja yang lebih melihat hitam putih kehidupan sosial. Impossible menunjukkan sisi glam yang berkilau. Seorang remaja yang aktif dan berprestasi. Di sisi lain, ia juga memberikan fakta bahwa tidak semua remaja terlahir dengan kesempurnaan yang diinginkan selalu menjalanikehidupan yang mulus. Mereka juga menghadapi masa-masa berat. Terutama ketika berbicara soal reputasi kedua orang tua. Mereka harus mempertaruhkan harga diri.

Nina Ardianti memainkan emosi remaja dengan membawa tokoh-tokoh cowok dan ceek secara bergantian dalam satu konflik. Nasta yang tidak begitu suka dengan kegamloran adalah contoh baik yang dapat disimpulkan oleh pembaca terhadap remaja-remaja dari keluarga kelas atas.

Setiap bab dari novel ini diawali dengan kutipan-kutipan menarik dari tokoh selebritis dan filsuf. Ada beberapa Bahasa Inggris percakapan yang mewarnai tiapp paragraph untuk dipelajari juga. Bagi pembaca cewek, ada juga tips yang diberikan untuk pesta dan prom night.

Selain Impossible, masih ada lima seri lagi yang menceritakan sisi kehidupan tokoh lain yang terlibat dalam seri The Glam Girls. Versi Glam Teen, selain Impossible masih ada dua novel lainnya, yaitu: Magnifent (at.Dhimas) dan Ontrageous (Moemoe Rizal). Versi Rashi & The Clique yang terdiri dari Glam Girls (Nina Ardianti), Unbelievable (Winna Efendi) dan Reputation (Tessa Intanya). Sesuai dengan moto serial The Glam Girls, “You Will Love Us”. Novel-novel ini benar-benar mencuri perhatian pembaca hingga ke halaman terakhir.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *