Bookish

Oliverial Versi Cetak

Di Facebook ada yang bertanya, “Kak, buku Oliverial bisa didapatkan dimana dan harganya berapa, ya?”

Waduh!

Pertanyaan ini kontan membuat saya merasa bersalah. Soalnya tulisan yang beredar di Facebook itu tidak kunjung diterbitkan. Saya belum pernah mencoba mengantarnya ke penerbit. Faktor kesibukan juga iya. Malas lebih dominan tentunya.

Bukan tidak mungkin pula tulisan di blog ini dibukukan. Seperti tulisan di blog Raditya Dika dan Trinity. Awalnya tulisan mereka berupa ungkapan hati yang disiarkan ke publik melalui platform blog. Kemudian diterbitkan. Oliverial belum terpikir hingga tahap ini. Jadi ketika ada pembaca yang bertanya, apakah Oliverial beredar di toko buku, saya juga jadinya tidak enak untuk menjawab. Kalau boleh ge-er, saya takut para pembaca setia akan kecewa. Walaupun saya tidak yakin buku saya akan selaris kacang goreng.

Ada banyak hal seorang blogger tidak membukukan tulisannya jika tidak diminta oleh penerbit. Salah satu alasannya karena minat beli buku di Indonesia sangat kurang. Sistem perbukuan di Indonesia juga tidak seasyik di luar negeri.

Buku-buku di Indonesia yang sudah habis terjual pun tidak langsung naik cetak jika belum ke tahap best seller. Sementara untuk menjadi buku best seller pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses yang panjang dan membuat diri familiar serta populer untuk mencapai tahap ini.

Ada pula yang mengatakan, “Bukukan saja untuk koleksi pribadi.”

Pernah juga terpikir seperti ini. Tapi mengingat ongkos cetak yang tidak murah, niat itu urung pula. Kakau dicetak tidak dijual, tentu saja rugi bagi si penulis.

Untuk saat ini, Oliverial cetak versi saya cukup memuaskan. Terjilid rapi di buku tulis. Jika ada penerbit yang meminang untuk dibukukan, saya dengan senang hati akan mengabarkan versi cetaknya.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *