Traveliner

Wangfujing, Pusat Perbelanjaan Kelas Dunia

Kata orang, Beijing tempat yang murah untuk berbelanja dan menikmati hidup. Tempat yang cocok untuk membelanjakan uang di beberapa brand terkenal. Nah, bila anda kebetulan berkunjung ke Beijing. Ada rekomendasi tempat berbelanja barang-barang merek kelas dunia setara Prada, Chanel, Hermes, Gucci, dan brand papan atas lainnya. Bahkan lokasi ini juga cocok buat hunting barang brandeduntuk kantong mahasiswa.

Wangfujing terletak satu stasiun dari Tian’anmen. Bisa ditempuh jalan kaki dari Tian’anmen timur. Bagi para pelancong yang biasa berjalan kaki tentu jarak bukan masalah. Kawasan ini disebut juga kawasan elit, karena banyaknya toko branded kelas dunia.

Beijing Mall

Letaknya berdekatan dengan Beijing hotel. Sama seperti mall lainnya, ada berbagai macam yang dijual di sini. Ada berbagai produk lokal di sini. Bahkan bisa dengan mudah ditemukan foodcourt untuk mengisi perut keroncong. Beijing mall bisa ditandai dengan pintu masuknya yang menarik mengikuti momen. Bila natal tiba, makan desain natal yang kerlap kerlip akan menyambut dengan tulisan ‘Merry Christmast’juga gede-gede.

Oriental Plaza

Letaknya berseberangan dengan Beijing Mall dan bersebelahan dengan toko buku Wangfujing Bookstore. Di gedung ini banyak brand local dan internasional. Oriental Plaza juga terhubung dengan subway station exit A. Mungkin agak sedikit membosankan berada di mall ini. Tapi jika niat hanya untuk bekeliling di sini tempat yang asyik untuk kuliner. Ada bread talk, Paris Baquet, Dairy Queen dan Starbuck. Restoran Chinese food dari berbagai provinsi bisa ditemui di sini. Sichuan restaurant salah satu rekomendasi tempat bagi lidah orang Indonesia yang menyukai pedas.

APM Mall

APM merupakan singkatan dari AM+PM alias mall siang malam. Meskipun jam tutup dan bukanya sama seperti mall-mall lain di Beijiing. Di sini adalah satu-satunya brand FOREVER 21 dan membuka toko sebanyak empat lantai. Di mall ini juga banyak tersedia merek-merek menangah sejenis ZARA, H&M, Uniqlo, GAP, Innisfree, Paul&Frank dan beberapa nama lainnya berlokasi. Toko-toko tersebut banyak memberikan diskon pada momen tertentu hingga 70% off.  Berbeda dengan mall lain yang membuka restaurant di lantai bawah atau baseman, di mall APM gerai makanan terletak di lantai atas. Namun pilihannya tak sebanyak di Oriental Plaza. Makanan fast-foodseperti Pizza Hut, Mc. Donald dan KFC tersedia beberapa gerai di mall ini.

[caption caption=”Di momen-momen tertentu, APM Mall mendekorasi beberapa lokasi dengan berbagai tema. Pengunjung bebas berfoto di sini. Orang-orang China sangat menikmati berfoto, terkadang anda harus antri untuk mendapatkan kesempatan berfoto.

Di ujung mall, bersebelahan dengan brand FOREVER 21, ada tiga lantai milik Apple Store. Tersedia pula wi-fi gratis dan boleh memainkan computer secara gratis yang dipajang sebagai trial di sini. Pelayan di sini siap melayani anda dengan ramah.

Branded Mall

Untuk barang-barang kelas dunia seperti Hermes, Chanel, Prada dan lain-lainnya juga berlokasi di sini. Hermes terletak di depan APM Mall. Di dalamnya akan ada juga beberapa brand lain seperti kosmetik Maybelline New York, Watson, dll. Meskipun gerai Maybelline hampir tersebar di setiap sudut Wangfujing. Namun keteresediaan barang di lokasi yang harga barangnya jauh lebih mahal pasti berbeda. Tentu saja jauh lebih lengkap.

Untuk branded Prada, anda harus berjalan menyeberangi jalan di depan Apple Store. Ada toko besar yang berwarna abu-abu dengan arsitektur unik di sana. Letaknya berdampingan dengan beberapa hotel.

Selain berada di dalam mall besar, beberapa brand juga membuka toko secara independen. Toko-toko dari brand lokal sampai internasional. Mulai dari pakaian, makanan, aksesoris, handphone dan komputer.

Ada beberapa bank yang menyediakan akses transaksi dengan cashatau melalui elektronik. Selain bank, ATM di kawasan ini juga menyediakan akses international melalui kartu debit dan kredit Master Card, Visa Card, Citylink, dan lainlain.

Toko Buku

Ada dua toko buku di Wangfujing, Beijing Foreign Intersional Press dan Wangfujing Book StoreWangfujing Bookstore di samping Oriental Plaza dan tersedia buku dari berbagai bahasa. Bila ingin buku berbahasa Inggris, letaknya di lantai tiga dan harganya memang sedikit mahal. Buku-buku tersebut adalah buku impor dengan stok ketersediaan lebih dari cukup.

Toko buku lainnya terletak di dekat brand HLA dan berseberangan dengan APM Mall. Empat lantai toko ini semuanya buku berbahasa Inggris. Mulai dari buku pengetahuan, bahasa asing, guidebook, novel dan biografi. Tempat yang cocok untuk dikunjungi bagi orang asing yang memiliki keterbatasan bahasa mandarin.

Fakta Lain Wangfujing

Selain ulasan di atas, ada beberapa hal yang patut diketahui dan tentu saja berguna jika berkunjung ke tempat ini.

  1. Untuk menuju ke lokasi menggunakan subway, anda bisa keluar dari exit A yang terkoneksi langsung ke Oriental Plaza, pintu keluar ke jalan utama setelah naik dua lantai melalui eskalator tersedia. Bisa juga melalui exit C yang akan melewati Beijing Hotel dan Beijing Mall.
  2. Pernah dengar makanan ekstrim dari hewan-hewan tak lazim kan? Di sinilah lokasinya. Bila keluar dari exit C, bisa langsung lurus sekitar 300an meter dan akan terlihat pintu gerbang beraksitektur China yang selalu padat. Masuk ke sana dan akan menemui keajaiban yang menjadi perbincangan dunia. Berhati-hatilah terhadap barang berharga yang anda bawa.
  3. Banyak hotel yang tersebar di sekeliling di sini. Mulai dari yang standar sampai yang mahal. Kawasan ini lokasi yang tepat untuk menginap bila berlibur di Beijing karena letaknya memang di pusat kota.
  4. Mau menikmati street food? Silahkan jalan ke belakang pusat Wangfujing street. Ada banyak makanan dengan harga menarik dan menakjubkan di sini.
  5. Bagi ummat muslim, tak perlu khawatir akan makanan halal di negeri minoritas. Ada restaurant muslim dengan harga yang terjangkau dengan rasa oke di sini.
  6. Jangan lupa menikmati green tea eskrim ketika di sini. Cukup gampang mengenali eksrim ini, di depan corner selalu ada antrian panjang yang mengular. Harganya cukup terjangkau dan rasanyya luar biasa. Dijamin ketagihan.
  7. Di belakang brand Prada ada lokasi baru wisata religi. Ada sebuah gereja katolik tua yang dekorasinya sangat eropa. Siapa saja bisa masuk kemari. Untuk beribadah atau sekedar berkunjung sebagai tujuan wisata. Di musim semi, kesan tua dan indahnya bunga-bunga akan memukau mata siapa saja.
  8. Jika memiliki kemampuan berbicara dan membaca karakter hanzi, jangan lewatkan baliho yang terpajang di sepanjang jalanan. Biasanya akan ada tawaran menarik yang mengggiurkan pada toko atau mall tertentu.

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *