Traveliner

Shuang Shi Yi, Hari Belanja Paling Menguntungkan di Tiongkok

Shuang shi yi (sepasang angka sebelas) adalah sebutan untuk angka 11.11 dan berlangsung pada tanggal 11 November. Tanggal ini diperingati sebagai single day di Tiongkok, tetapi perayaannya tidak hanya berlaku nagi orang-orang single (jomblo).

Single day pertama kali dipopulerkan oleh beberapa mahasiswa asal Nanjing yang anti Valentine Day. Mereka memilih angka sebelas karena angka 11 yang berjajar empat terlihat unik. Satu berarti sendiri, dan sepasang angka satu menjadi sebelas yang berarti tidak lagi sendiri. Dua buah angka sebelas menjadi lebih unik ketika menjadi sepasang angka sebelas.

Pada tanggal ini, tiap pusat perbelanjaan memberi diskon besar-besaran dengan mengobral barang dagangan yang berkualitas bagus ataupun standar. Baik itu penjualan secara online maupun penjualan secara langsung. Pedagang juga memprediksikan pada tanggal ini akan meraup keuntungan besar-besaran dengan memberi diskon.

Pusat perbelanjaan online terbesar di China, Tmall dan Jingdong menjadi favorit tiap orang. Diskon shuang shi yi dinanti sejak jauh-jauh hari. Bahkan tidak jarang para konsumen menunggu masuknya menit-menit pergantian tanggal 10 ke tanggal 11 di depan laptop.

Barang-barang yang dijual pada tanggal ini sangat murah. Harga yang awalnya bisa mencapai ribuan renminbi bisa drop hingga 50% dari berbagai macam merek ternama. Inilah harga fantastis yang dinantikan oleh konsumen di negeri tirai bambu. Diskon dan menghabiskan uang merupakan prinsip yang kebanyakan dianut oleh konsumen negeri ini.

Pada tanggal 11 November 2014, Tmall yang berada dibawah kekuasaan perusahaan Alibaba, pada 38 menit pertama sejak pukul 12 malam telah berhasil meraup keuntungan total penjualan sejumlah 10 juta yuan. Angka fantastis untuk jenis penjualan online.

Tidak hanya penjualan secara online yang memberikan angka-angka besar. Kedai-kedai di kaki lima juga dipadati oleh pembeli. Barang berkualitas tinggi, memiliki merek kepercayaan, obral dan terbatas. Siapa yang tidak terpaku dan terhipnotis memilikinya.

Tahun ini diprediksikan angka keuntungan yang akan diraup akan semakin besar. Perusahaan periklanan Tiongkok sudah menyebarkan iklan dilokasi publik dan memberikan gambaran barang apa saja yang akan menjadi diskon dari dua website online tersebut.

Demam 11.11 tidak hanya menjangkit penduduk lokal. Bahkan warga negara asing yang sedang bekerja dan menempuh pendidikan di Tiongkok pun ikut terpengruh dengan demam 11.11. Kebanyakan warga negara asing melakukan pembelian online melalui jingdong karena tidak perlu terkoneksi ke pembayaran alipay.

Hanya mengkoneksikan bank yang terdftar untuk internet banking, jemari pun siap klik dan barang akan tiba kurang dari seminggu. Sementara untuk menggunakan Tmall harus menempuh cara panjang dan tergolong rumit untuk pemakainya.

Logo lain yang kerap muncul menjelang 11.11 di Tiongkokng

Memanfaatkan momen unik merupakan salah satu cara negeri Tiongkok untuk meningkatkan ekonomi negara dan menjual barang produksi lokal. Sehingga pada saat persaingan finansial, Tiongkok masih bisa bertahan. Shuang shi yi (11.11) adalah salah satu cara negeri Tiongkok mendorong rasa nasionalisme untuk mencintai produk dalam negeri. Jika Tiongkok punya cara sederhana, bagaimana dengan bangsa kita ya?

 

Author, journalist, and student in real life. MA in International Journalism, Communication University of China. Lecturing at STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat. Email to ulfa_khairina.2005@yahoo.co.uk for further information.

2 Comments

    • Ulfa Khairina

      Hai, peujeut hana deuh man?! Peu masalah jaringan atau settingan tema jih nyoe. Jeut cit, akan ta perbaiki terus. Terima kasih sudah berkunjung. Akan senang hati memberikan informasi lainnya.

      Salam,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *